IHSG Hari Ini Diproyeksi Naik, Saham Properti Jadi Rekomendasi

Sejumlah analis memproyeksi IHSG pada hari ini bergerak naik namun terbatas karena minim sentimen.
Image title
12 Agustus 2020, 08:19
ihsg, saham, properti, bursa, pasar modal
ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.
Ilustrasi, karyawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020). Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada Rabu (12/8) diproyeksi naik meski minim sentimen.

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG diprediksi naik pada perdagangan Rabu (12/8). Pada perdagangan kemarin, indeks ditutup menguat 0,63% ke level 5.190.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memproyeksi indeks akan bergerak di zona hijau secara terbatas dan bersifat sementara."Sejauh ini masih minim sentimen yang mendorong pergerakan,” kata Dennies dalam rilis hasil risetnya, Rabu (12/8).

Dia pun menyebut resistance pertama di level 5.208 dan resistance kedua di level 5.226. Sedangkan support pertama diperkirakan berada di level 5.164 dan support kedua di level 5.138.

Angka support merupakan level yang diperkirakan menahan koreksi indeks atau harga saham. Sedangkan angka resistance merupakan level yang diproyeksi menghentikan kenaikkan indeks atau harga saham.

Advertisement

Dennies pun merekomendasikan beberapa saham untuk perdagangan hari ini, seperti PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memperkirakan IHSG pada hari ini bergerak naik. "Namun, tidak begitu optimistis, area support dan resistance di rentang 5.159 hingga 5.280," kata Lanjar.

Dia pun merekomendasikan beberapa saham, seperti PT Pakuwan Jati Tbk (PWON), PT CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN).

 

Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama memproyeksi indeks saham hari ini berada di zona hijau seperti hari kemarin. Berdasarkan analisa secara teknikal, IHSG akan bergerak dengan resistance di level 5.233 dan support di level 5.097.

"Pergerakan IHSG berpeluang menuju ke resistance terdekat," kata Nafan.

Beberapa saham yang ia rekomendasinya di antaranya PT Ace Hardware Tbk (ACES), PT Agung Podomoro Tbk (APLN), Bank Jabar (BJBR), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Alam Sutra Realty Tbk (ASRI), dan PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Begitu juga dengan Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya, yang memperkirakan IHSG menguat hari ini. “IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam rentang 5.157 hingga 5.265,” kata William.

Adapun, saham-saham yang ia rekomendasikan untuk perdagangan hari ini, yakni PT Barito Pacific Tbk (BPRT), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait