IHSG Diproyeksi Naik Karena Vaksin Corona, Berikut Saham Pilihannya

Pelaku pasar menilai positif perkembangan vaksin virus corona sehingga IHSG diproyeksi melanjutkan kenaikkan pada hari ini.
Image title
13 Agustus 2020, 06:53
ihsg, vaksin virus corona
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Ilustrasi, seorang karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Kamis (13/8) diproyeksi naik karena perkembangan vaksin virus corona.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG diproyeksi bergerak di zona hijau pada Kamis (13/8). Hal itu dipicu kemajuan uji klinis vaksin virus corona

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menyebut IHSG hari ini bakal dipengaruhi beberapa sentimen, seperti kemajuan uji coba vaksin dan sejumlah data ekonomi yang akan segera dirilis.

“Penguatan didorong optimisme terkait berita positif vaksin Covid-19,” kata Dennies dalam rilis risetnya pada Kamis (13/8).

Berdasarkan analisis secara teknikal, dia memperkirakan indeks bergerak di area resistance antara 5.253 hingga 5.272. Sedangkan, area support berada pada rentang 5.196 hingga 5.158.

Advertisement

Angka support merupakan level yang diperkirakan menahan koreksi indeks atau harga saham. Sedangkan angka resistance merupakan level yang diproyeksi menghentikan kenaikkan indeks atau harga saham.

Dengan kondisi tersebut, Dennies merekomendasikan beberapa saham untuk perdagangan hari ini, seperti PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), dan PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI).

 

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga memperkirakan IHSG hari ini bergerak naik ke level 5.172 hingga 5.293. Hal itu didorong optimistisme pelaku pasar terhadap perkembangan uji coba vaksin.

“Pelaku pasar mengapresiasi perkembangan vaksin corona yang pesat,” kata Nafan. 

Selain itu, pelaku pesar mengapresiasi komitmen pemerintah dalam memberikan stimulus. Hal itu dapat membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Nafan pun merekomendasikan sejumlah saham pada perdagangan hari ini, seperti PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Erjaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF), PT PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), dan PT London Sumatra Tbk (LSIP).

Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi ikut memproyeksi indeks bergerak di zona hijau dengan support dan resistance di level 5.180 hingga 5.290. “Secara teknikal, IHSG melanjutkan penguatan dan tren positifnya mendekati area resistance,” kata Lanjar.  

Dia pun merekomendasikan sejumlah saham pada sesi perdagangan hari ini, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).   

Kemudian, saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Pakuwan Jati Tbk (PWON), Astra Internasional Tbk (ASII), PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait