Bank Aladin Gaet Investor Baru ZA Tech Lewat Skema Rights Issue

Syahrizal Sidik
6 April 2022, 15:53
Bakal Serap Rights Issue, ZA Tech Jadi Investor Baru Bank Aladin
Dokumentasi Bank Aladin
Penyedia teknologi asuransi Tech Global Limited resmi menjadi investor baru PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK).

Bank Aladin (BANK) akhirnya resmi mengumumkan penyedia teknologi asuransi atau InsurTech, ZA Tech Global Limited, menjadi investor barunya.

Presiden Direktur Bank Aladin Syariah Dyota Mahottama Marsudi menjelaskan, nantinya ZA Tech akan berpartisipasi dalam penambahan modal melalui skema penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Dalam konferensi pers yang berlangsung Rabu siang ini (6/4), ZA Tech menjadi mitra strategis terbaru untuk berkolaborasi  sebagai investor dan mitra bisnis serta berkomitmen untuk memperkuat ekosistem Bank Aladin. Sebelumnya, Bank Aladin juga bekerja sama dengan Alfamart dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Dia menguraikan, pandemi Covid-19 dan kebijakan pemerintah yang mendukung ekonomi digital telah mengubah lanskap berbagai industri, termasuk industri asuransi di Indonesia. Perubahan ini salah satunya meningkatkan potensi bisnis InsurTech di Tanah Air. Melihat momentum tersebut, Aladin Bank dan ZA Tech berkolaborasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

“Kami juga bangga ZA Tech masuk sebagai salah satu investor Aladin Bank. Hal ini tentunya akan memperkuat Aladin Bank sebagai bank digital, baik dari sisi permodalan maupun berbagai rencana bisnis strategis ke depan," kata Dyota, Rabu (6/4).

Pada kesempatan sama, General Manager of ZA Tech Southeast Asia Young Yang mengatakan, kerja sama antara ZA Tech dan Aladin Bank merupakan salah satu komitmen kami untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia.

“Menjadi investor di Aladin Bank akan mendukung aspirasi ZA Tech untuk berbisnis di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan pengalaman kami dalam memberdayakan ekosistem asuransi digital," tandasnya.

ZA Tech adalah perusahaan patungan (joint venture) antara ZhongAn Technologies International Group Limited dan SoftBank Vision Fund 1 yang berfokus pada ekspor produk dan solusi InsurTech mutakhir ke perusahaan asuransi dan platform Internet.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...