Strategi Patrick Walujo Pacu Bisnis GOTO Dekati Target Profit

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
16 Agustus 2023, 13:02
Ada tiga strategi utama Patrick Walujo, yaitu optimasi biaya, integrasi ekosistem, dan perluasan pangsa pasar.
GOTO
Ada tiga strategi utama Patrick Walujo, yaitu optimasi biaya, integrasi ekosistem, dan perluasan pangsa pasar.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) baru merilis laporan kinerja keuangan kuartal kedua tahun ini atau semester I-2023 secara year on year (yoy).

Dari paparan kinerja, tampak GOTO mengalami pertumbuhan sangat baik secara keseluruhan. Tak hanya dari sisi pendapatan bersih tetapi juga perbaikan rugi bersih dan EBITDA yang disesuaikan (adjusted EBITDA).

GOTO berhasil menekan rugi bersih atribusi entitas induk menjadi Rp7,16 triliun, berkurang 48 persen dari realisasi semester I-2022 yang rugi mencapai Rp13,65 triliun.

Rugi kuartal kedua tahun ini turut berkurang drastis hingga 56 persen secara year on year, menjadi rugi bersih Rp3,31 triliun. Sementara itu, per Juni 2022 tercatat rugi bersih Rp7,56 triliun.

Pendapatan bersih GOTO melesat 102,35 persen dibandingkan periode yang sama 2022 sebesar Rp3,40 triliun, menjadi Rp6,88 triliun. Ini diperoleh dengan adjusted EBITDA membaik 69 persen menjadi Rp2,81 triliun secara yoy.

Untuk periode kuartal, induk dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial ini juga mencatat perbaikan EBITDA yang disesuaikan sebesar 72 persen (yoy) menjadi Rp1,2 triliun dari Rp4,32 triliun. Hal ini didorong peningkatan monetisasi dan optimalisasi insentif berkelanjutan.

Tim redaksi Katadata mencatat, setidaknya ada beberapa strategi andal dari Patrick Walujo selaku Direktur Utama GoTo.

Mengacu kepada siaran pers GOTO, Selasa (14/8), Patrick menyampaikan, sesuai komitmen perusahaan, GOTO sudah berada di jalur tepat untuk mencapai EBITDA yang disesuaikan positif pada 2023 ini. Perusahaan sedang mempersiapkan strategi jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut.

“GOTO akan terus beroperasi dengan mempertahankan kedisiplinan pengelolaan beban usaha, seiring beralihnya pilihan layanan kami untuk melayani pasar lebih luas,” ucapnya, dikutip dari siaran pers (16/8).

Tiga Strategi GOTO

Berdasarkan paparan resmi perusahaan, terungkap bahwa setidaknya ada tiga strategi utama Patrick, yakni optimasi biaya, integrasi ekosistem, dan perluasan pangsa pasar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...