Kepemilikan GOTO Tak Terdilusi Usai TikTok Caplok 75% Saham Tokopedia

Patricia Yashinta Desy Abigail
11 Desember 2023, 14:41
Kepemilikan GOTO Tidak Terdilusi Usai Ambil Alih 75% Saham TikTok
Katadata/Desy Setyowati
Tokopedia dan TikTok

TikTok telah mengumumkan kerja samanya dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) hari ini, Senin (11/12). Kerja sama ini ditandai dengan TikTok yang membeli 75,01% saham Tokopedia dan menjadi pemegang saham pengendali baru. 

Namun demikian kepemilikan saham GOTO atas Tokopedia dipastikan tidak akan terdilusi karena adanya pendanaan lebih lanjut dari TikTok. GOTO tetap mempertahankan kepemilikannya di Tokopedia yakni 24,99% saham.

Advertisement

TikTok menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar, setara Rp 22,5 triliun sebagai  komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

"GoTo akan mempertahankan kepemilikan sebesar 24,99% yang tidak akan terdilusi lebih lanjut di PT Tokopedia. Dengan bekerja bersama, Tokopedia dan TikTok Shop akan membangun bisnis e-commerce tersebut menjadi yang terdepan di Indonesia," tulis manajemen GOTO dalam keterangan resminya, Senin (11/12).

Manajemen mengungkapkan skala bisnis global TikTok menjadi kunci mendukung upaya ini, di tengah dinamika kompetisi. Ini seiring langkah Tokopedia untuk kembali memprioritaskan pertumbuhan, sebagaimana telah dijelaskan GoTo pada paparan kinerja kuartal yang lalu.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement