Bank Jago (ARTO) Catat Lonjakan Transaksi Selama Ramadan dan Jelang Idul Fitri


PT Bank Jago Tbk (ARTO) mencatat transaksi baik bank digital maupun investasi melonjak selama ramadan dan menjelang momen Idul Fitri 1446 Hijriah. Peningkatan ini seiring dengan tren konsumsi selama ramadan.
Head of Sharia Business Bank Jago, Waasi Sumintardja, menyebutkan aktivitas transaksi melalui Bank Jago sepanjang bulan ramadan meningkat terutama transaksi di sektor investasi menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Kenaikan transaksi juga turut terlihat di platform Bibit.
“Tapi yang signifikan kenaikan transaksi di Rekening Dana Nasabah (RDN), ini terjadi di sepanjang bulan ramadan,” kata Waasi dalam Buka Puasa Bersama Jago di Jakarta, dikutip Kamis (6/3).
Ia menjelaskan layanan Jago Amal juga melonjak, transaksi selama Ramadan tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu yang naik 50%. Di samping itu Waasi mengungkapkan sejak diluncurkan pada Agustus 2024 lalu, Jago Syariah telah memiliki 36 ribu pengguna.
Terkait kinerja keuangan sepanjang 2024 bahkan kuartal pertama 2025, Waasi menyebut pihaknya optimistis dapat positif dan sesuai target.
Bank Jago Ajak Masyarakat dan Usaha Lokal Bijak Kelola Keuangan
Selain itu, dalam rangka Ramadhan dan Lebaran, Bank Jago mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan pribadi dan usaha. Bank Jago menyelenggarakan berbagai kegiatan edukasi keuangan yang melibatkan ribuan pengusaha lokal dari berbagai daerah di Indonesia.
Waasi mengatakan bahwa pengeluaran pribadi dan keluarga biasanya meningkat selama Ramadhan atau menjelang Lebaran. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya kebutuhan serta kebiasaan belanja impulsif yang sulit dihindari.
“Apalagi kalau kita nyambi bisnis, tidak jarang arus kas tersendat karena ada kewajiban membayar tunjangan karyawan sekaligus memastikan ketersediaan bahan baku demi kelancaran produksi,” ungkap Waasi.
Menurut Waasi, edukasi keuangan bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya memisahkan anggaran sesuai kebutuhan, baik untuk keperluan pribadi maupun usaha, agar tidak tercampur. Selain itu, perencanaan keuangan juga harus mencakup mitigasi risiko terhadap ketidakpastian ekonomi.
Untuk menjangkau masyarakat lebih luas, Bank Jago menggandeng sejumlah influencer ternama, seperti Ayu Ting Ting, Ferry Irwandi, Andovi Da Lopez, dan Gilang Baskara. Mereka berperan dalam menyampaikan edukasi terkait kondisi ekonomi, manajemen keuangan, serta pentingnya aksi sosial guna mendukung pengusaha lokal.
"Mereka bergabung dalam live shopping di akun TikTok @jadijago untuk melakukan edukasi dan ikut mempromosikan produk-produk usaha lokal unggulan. Mereka tidak hanya mendukung usaha lokal tetapi ikut serta membangkitkan perekonomian nasional," tutur Waasi.
Salah satu pengusaha lokal yang ikut serta dalam kampanye Bank Jago adalah Muhammad Budi Utama, pendiri brand fashion muslim Hikayat Collection dan Kalian.id. Pengusaha asal Pekanbaru, Riau ini mengungkapkan momen penjualan tertingginya terjadi saat produknya mendapat kesempatan promosi hingga membantu meningkatkan visibilitas dan permintaan pasar.
“Setelah ikut live shopping Bank Jago, penjualan kami melonjak luar biasa, meningkat hingga 19 kali lipat dari rata-rata penjualan harian. Respons yang kami terima sangat positif karena jangkauan pemasaran semakin luas ke kota-kota di luar Pekanbaru,” ujar Muhammad, dalam keterangan resmi Bank Jago.
Budi juga mengungkapkan fitur Kantong di Aplikasi Jago Syariah sangat membantunya dalam mengelola keuangan usaha dan arus kas. Dengan prinsip syariah yang diterapkan, ia merasa lebih nyaman bertransaksi sesuai dengan nilai-nilai yang dianutnya.