Bank Dunia: Jumlah Orang RI Tak Punya Akses Bank Terbesar ke-4 Dunia

Abdul Azis Said
23 Juni 2022, 13:56
akses bank, bank, perbankan, unbanked
KATADATA
Ilustrasi. Bank Dunia menyebut, 95 juta penduduk dewasa Indonesia tidak memiliki rekening di institusi keuangan.

Bank Dunia menyebut Indonesia merupakan negara jumlah penduduk unbanked atau belum tersentuh layanan keuangan perbankan terbesar keempat di dunia. Sektor keuangan Indonesia juga dinilai dangkal dibandingkan negara-negara peers atau setara.

"Meskipun akses rumah tangga ke sektor keuangan formal telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia masih memiliki masyarakat yang belum tersentuh oleh layanan keuangan formal perbankan atau unbanked people terbesar keempat di dunia," kata Bank Dunia dalam laporan terbarunya dikutip Kamis (23/6).

Advertisement

Bank Dunia menyebut, 95 juta penduduk dewasa Indonesia tidak memiliki rekening di institusi keuangan. Hanya sekitar 49% dari penduduk dewasa dan 37% dari penduduk termiskin yang memiliki rekening di perusahaan keuangan. 

Menurut Bank Dunia, sektor keuangan di Indonesia masih menghadapi hambatan struktural sekalipun ada kemajuan substansial. Hal ini pada akhirnya berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. 

"Sektor keuangan Indonesia tergolong dangkal dibandingkan dengan negara-negara yang setara, baik dari segi aset maupun kredit terhadap PDB dan masih didominasi oleh perbankan," kata Bank Dunia.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement