Harga Emas Antam Kembali Turun Jelang Rilis Inflasi AS

 Zahwa Madjid
14 Februari 2023, 10:15
Harga Emas Antam Kembali Turun Jelang Rilis Inflasi AS
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Petugas menunjukkan emas edisi imlek berupa gambar Kelinci di Butik Emas Antam, Setia Budi, Jakarta, Selasa (12/1/2023). Emas batangan edisi Imlek 2023 ini memiliki berat 8 gram dengan 99,99 persen emas murni dan dijual dengan harga Rp8,9 juta.

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) kembali menunjukkan tren penurunan. Pada perdagangan Selasa (14/2), harga emas melemah Rp 1.000 ke level Rp 1.026.000 per gram.

Adapun harga pembelian kembali atau buyback emas pun turun Rp 1.000 menjadi Rp 911.000 per gram.

Advertisement

Kendati demikian, harga emas dunia mengalami tren kenaikan pada perdagangan hari ini.

Melansir Reuters, harga emas naik tipis pada hari Selasa karena dolar AS mundur. Penyebabnya karena investor bersiap untuk data inflasi AS untuk mengukur pengaruhnya terhadap jalur kebijakan Federal Reserve.

Emas spot naik 0,1% pada US$ 1.856,01 per ons, pada pukul 00.48 GMT, setelah jatuh ke level terendah sejak awal Januari di sesi sebelumnya. Emas berjangka AS naik tipis 0,1% menjadi US$ 1.865,60.

Indeks dolar tergelincir 0,1%, membuat emas dengan harga greenback lebih murah bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Data indeks harga konsumen (CPI) Amerika Serikat bulan Januari pada hari Selasa diharapkan menunjukkan angka CPI inti naik 0,4% bulan ke bulan.

The Fed perlu terus menaikkan suku bunga untuk membawanya ke tingkat yang cukup tinggi untuk membawa inflasi kembali ke tingkat target bank sentral. Demikian dikatakan Gubernur Fed Michelle Bowman pada Senin kemarin.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement