Tolak Penurunan Nilai Manfaat, Nasabah AJB Bumiputera Gelar Unjuk Rasa

Patricia Yashinta Desy Abigail
27 Februari 2023, 16:56
Tolak Penurunan Nilai Manfaat, Nasabah AJB Bumiputera Gelar Unjuk Rasa
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/rwa.
Sejumlah nasabah bersiap menyegel gedung saat menuntut pencairan klaim asuransi di Kantor AJB Bumiputera 1912, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (15/9/2022). Puluhan nasabah peilan dari Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, dan Kediri mendatangi dan menyegel Kantor Bumiputera karena klaim asuransi tidak kunjung cair.

Para nasabah pemegang polis AJB Bumiputera 1912 akan menggelar unjuk rasa untuk menolak kebijakan penurunan nilai manfaat (PNM) yang telah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam undangan resminya, PNM klaim polis ini berlaku untuk seluruh polis asuransi jiwa perorangan dan asuransi jiwa kumpulan. Keputusan ini sangat merugikan pemegang polis karena klaim polis dipotong hingga 50%.

Advertisement

"Sehubungan dengan keputusan di atas, kami selaku pemegang polis berencana untuk melakukan Aksi Menolak Keras Kebijakan Penurunan Nilai Manfaat klaim polis asuransi dan Menuntut AJB Bumiputera 1912 untuk segera mencairkan klaim polis para nasabah sebesar 100% sesuai perjanjian kontrak," tulis dalam undangan tersebut, dikutip Senin (27/2).

Aksi tersebut akan dilaksanakan pada Selasa 28 Februari 2023 pada 09.00 WIB, yang berlokasi di Wisma Bumiputera.

Sebelumnya Direktur Utama Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Irvandi Gustari menjelaskan perusahaan telah menyiapkan mekanisme untuk pembayaran klaim nasabah yang sebelumnya tertunda. Salah satu langkah yang disiapkan adalah kebijakan PNM.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement