Respons OJK soal Merger Bank Nobu dan MNC Masih Alot: Hal yang Wajar

Patricia Yashinta Desy Abigail
3 Agustus 2023, 18:51
Merger Bank Nobu dan MNC Masih Alot, OJK: Itu Hal yang Wajar
Ajaib
Merger Bank Nobu dan Bank MNC masih alot. OJK memastikan komitmen merger keduanya tetap terjadi di tahun ini.

Proses penggabungan usaha atau merger kedua bank PT Bank MNC International Tbk (BABP) dan PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) masih berlangsung alot. Padahal, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kedua bank tersebut seharusnya rampung melakukan merger pada Agustus tahun ini.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan kemungkinan keterlambatan proses merger tidak berarti adanya berkurangnya komitmen untuk proses merger kedua bank. Dian menyebut, keterlambatan merupakan hal yang wajar untuk menyatukan kedua bank besar.

Advertisement

"Saya sudah berbicara dengan kedua belah pihak yaitu Bank MNC dan Bank Nobu, komitmen mereka kuat bahwa mereka akan mewujudkan merger secara optimal," katanya dalam konferensi pers usai RDK Bulanan OJK, Kamis (3/8).

Dian menegaskan proses merger tidak bisa mundur alias batal, sebab itu isu-isu internal antara kedua belah pihak mungkin akan membuat proses merger terlambat. Namun, komitmen keduanya untuk merger akan tetap terjaga.

"Menurut saya penyelesaian isu-isu internal saat ini akan memantapkan merger keduanya secara lebih baik. Penetapan prioritas dalam konteks kegiatan usaha maunya seperti apa dan hal teknis yang harus dibicarakan," kata Dian.

Menurutnya, penyelesaian dan pembicaraan hal-hal teknis saat ini sangat penting sebelum keduanya resmi merger. Dian berharap, hal-hal teknis dapat selesai dan tidak meenimbulkan perpecahan pasca merger.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement