OJK Sebut Data Nasabah Aman Meski Sistem Layanan Informasi Sempat Eror

Patricia Yashinta Desy Abigail
9 Oktober 2023, 20:26
ojk, siber, eror, perbankan
IFS
Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Mirza Adityaswara, dalam 4th Indonesia Fintech Summit (IFS) dan Bulan Fintech Nasional (BFN) di Yogyakarta (12/12/2022).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan gangguan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK tak berdampak pada keamanan data nasabah. Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara memastikan kemanan data nasabah terjamin.

Gangguan yang terjadi pada Senin (2/10) malam berdampak pada sejumlah layanan dalam laman OJK tak bisa diakses. Meski demikian, OJK tidak menjelaskan alasan secara rinci mengenai erornya sistem layanan informasi keuangan itu.

"OJK selalu melakukan back up secara berkala. Back up dilakukan secara harian, mingguan hingga bulanan sesuai dengan prosedur," kata Mirza kepada wartawan dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Komisioner OJK pada Senin (9/10).

Mirza mengatakan pelayanan informasi debitur yang dibutuhkan oleh sektor perbankan untuk menganalisis pembiayaan kredit juga dapat diakses kembali. Akses sudah bisa dilakukan sejak Kamis (5/10) malam.

"OJK berupaya untuk cepat melakukan pemulihan," katanya.

Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia itu mengatakan Portal Pelindungan Konsumen (APPK) dan IdebKu sudah bisa diakses kembali. Begitu pula aplikasi layanan ke industri jasa keuangan seperti Sipeduli, Apolo dan Pelaporan.id juga sudah kembali berfungsi.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...