BI Akan Perluas Jangkauan QRIS hingga ke India, Jepang, dan UEA

 Zahwa Madjid
30 November 2023, 09:33
qris, bank indonesia, bi, india, jepang, uea
ANTARA FOTO/Henry Purba/Spt.
Warga memindai kode QRIS di salah satu kedai kopi di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023).

Bank Indonesia berencana untuk memperluas jangkauan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ke India, Jepang, Cina hingga Uni Emirat Arab pada 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu malam (29/11). 

Rencana kerja sama tersebut merupakan bagian dari upaya BI dalam mendorong sistem pembayaran digital pada tahun 2024. "Integrasi dengan local currency transaction,” ujar Perry dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu (29/11).

Advertisement

Selain itu, dalam rangka mendorong sistem pembayaran digital, BI juga melakukan akselerasi ekonomi keuangan digital secara nasional. Perry mengatakan BI akan mengembangkan sistem pembayaran ritel BI Fast yang interkoneksi, interoperabilitas, dan integrasi dengan gerbang pembayaran nasional. 

Selanjutnya, pengembangan sistem pembayaran BI-RTGS generasi ketiga yang modern, multicurrency, dan berstandar internasional serta interkoneksi dengan modernisasi sistem operasi moneter BI.

“Pengembangan pusat data transaksi pembayaran untuk inovasi pembayaran dengan AI, juga mendukung kebijakan BI, pemerintah maupun Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK),” kata Perry.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement