Erick Thohir Bakal Serahkan Kasus 2 Dana Pensiun ke Kejagung Bulan Ini

Patricia Yashinta Desy Abigail
5 Desember 2023, 15:27
Ilustrasi Erick Thohir.
ANTARA FOTO/Rifqi Raihan Firdaus/wpa/nym.
Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan berkas berisi kinerja BUMN saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2023). Rapat tersebut membahas evaluasi kinerja Kementerian BUMN tahun 2023 dan rencana aksi pembinaan BUMN tahun 2024.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan ada dua kasus dana pensiun yang akan dilaporkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Desember 2023.  Erick menyebut temuan pada dua dana pensiun yang bermasalah ini merupakan salah satu dari upaya bersih-bersih BUMN serta penelusuran dugaan korupsi pada dana pensiun BUMN.

"Sektornya apa, tunggu (pengumuman) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), saya tidak boleh mendahului," kata Erick ketika ditemui di Jakarta, dikutip Selasa (5/12). 

Advertisement

Erick Thohir sebelumnya pernah menyerahkan perkara dugaan penyelewengan dana pensiun di empat perusahaan BUMN ke Kejaksaan Agung, Selasa (3/10). Dugaan itu diperoleh dari hasil telaah audit dana pensiun BUMN yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Karena itu, awalnya kami lakukan terhadap empat dana pensiun, ada Inhutani, ada PTPN, ada Angkasa Pura I, dan tentu juga ID Food," kata Erick dalam konferensi pers, di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (3/10).

Berdasarkan hasil audit BPKP dan Kejaksaan Agung, ditemukan perhitungan sementara kerugian negara sebesar Rp 300 miliar. Pada kesempatan yang sama Erick mengatakan mayoritas pengelolaan dana pensiun oleh BUMN bermasalah.

"Dari 48 dana pensiun yang dikelola BUMN itu, 70% sakit, 34 bisa dinyatakan tidak sehat," kata Erick.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement