Penerapan ESG di Sektor Keuangan Masih Terbatas, Berikut Penyebabnya

Patricia Yashinta Desy Abigail
7 Desember 2023, 13:01
Penerapan ESG di Sektor Keuangan Masih Terbatas, Berikut Penyebabnya
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar berbincang usai membuka kegiatan Mandiri Sustainability Forum (MSF) 2023 di Jakarta.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengungkapkan ada sejumlah tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan Environmental, Social and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola terutama di pasar keuangan. 

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro menjelaskan, investasi terkait ESG kini telah dipersepsikan sebagai faktor utama dalam keberlanjutan bisnis. Indikasinya, dalam riset yang dipaparkan, menunjukkan data penandatanganan prinsip investasi bertanggung jawab atau Principles for Responsible Investment (PRI) meningkat signifikan.

Advertisement

Menurut data tersebut, terdapat 5.374 penandatanganan prinsip investasi bertanggung jawab hingga November 2023. Selain itu, penerbitan surat utang global terkait ESG mencapai US$ 1,5 triliun di 2022, meningkat hampir 15 kali dibandingkan tahun 2015. 

"Namun hasil riset Mandiri Institute menemukan sejumlah tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan ESG terutama di pasar keuangan. Hal ini tercermin dari masih minimnya diferensiasi produk ESG dan gaya pendanaan," kata Andry dalam konferensi pers Mandiri Sustainability Forum (MSF) 2023 secara virtual, Kamis (7/12).

"Ini terjadi, karena masih rendahnya kesadaran terkait ESG termasuk masih banyak yang belum percaya bahwa ESG sebagai prioritas," sebutnya.

Dalam hasil survei itu, ditemukan sebanyak 71% perusahaan terbuka meyakini praktik bisnis dengan prinsip ESG akan menjadi prioritas di masa depan. Namun hanya 57% baru sadar akan target Nationally Determined Contributions (NDC) atau penurunan emisi gas rumah kaca atau GRK hingga tahun 2030.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement