Penduduk Unbanked Indonesia ke-4 Terbesar di Dunia, Ini Cara Atasinya

Lona Olavia
18 Maret 2024, 10:02
Penduduk Unbanked Indonesia Ke-4 Terbesar di Dunia, Ini Cara Atasinya
Dokumentasi perseroan
Button AI Summarize

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 menunjukkan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia telah mencapai 85,10%. Angka ini meningkat dibanding tahun 2019, yakni sebesar 76,19%. Pada tahun 2024, OJK menargetkan indeks inklusi keuangan di Indonesia meningkat menjadi 90%. 

Kendati demikian, data oleh World Bank pada tahun 2021 mengungkap bahwa jumlah penduduk unbanked di Indonesia merupakan jumlah terbesar ke-4 di dunia. Yaitu sebanyak 97,74 juta orang dewasa. Jumlah ini setara dengan 48% dari populasi dewasa di dalam negeri. Unbanked adalah istilah bagi individu yang cukup umur namun tidak memiliki rekening bank.

Dalam era globalisasi dan digitalisasi yang kian dinamis, inklusi finansial menjadi salah satu kunci untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Inklusi finansial bukan hanya sekadar konsep, tetapi sebuah misi untuk memberdayakan semua lapisan masyarakat dengan akses yang adil dan setara terhadap layanan keuangan.

Banyak pihak perlu berkontribusi untuk mencapai inklusivitas dalam finansial Indonesia, termasuk industri perbankan.

Dalam diskusi di Indonesia Data and Economic (IDE) 2024 oleh Katadata, Head of Investment & Insurance Product Bank DBS Indonesia Djoko Soelistyo mengatakan, produk-produk yang DBS tawarkan berfokus untuk membantu masyarakat dari semua segmen.

“Inisiatif Bank DBS Indonesia dalam menghadapi permasalahan inklusi finansial tidak hanya tentang memberikan akses, tetapi juga melibatkan pendekatan terhadap literasi keuangan dan kepedulian sosial,” ujar Djoko dalam keterangan resmi, Senin (18/3).

Berikut beberapa upaya yang diambil oleh Bank DBS Indonesia untuk mendorong inklusi finansial:

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...