Jangkau Jutaan UMKM, GOTO Financial Luncurkan GoPay Merchant
Unit bisnis financial technology PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), GoTo Financial, meluncurkan inovasi terbaru, yaitu aplikasi GoPay Merchant. Kehadiran layanan ini untuk membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola keuangan usaha secara digital
Group Head of Merchant Services GoTo Financial, Haryanto Tanjo berharap peluncuran aplikasi GoPay Merchant dapat menjawab tantangan bagi UMKM. Sehingga, mereka bisa dengan mudah dan cepat mendaftar QRIS untuk menerima pembayaran digital.
“Kemudian bisa mencairkan uang mereka kapan saja dan mencegah transaksi palsu,” kata Haryanto dalam konferensi pers peluncuran aplikasi GoPay Merchant oleh GoTo Financial di Jakarta, Kamis (25/7).
Ia juga mengatakan masih terdapat jutaan UMKM yang perlu dijangkau. Tercatat 2,5 merchant di seluruh Indonesia yang sudah terdaftar di Gopay. Sehingga, dengan kehadiran GoPay Merchant bisa menjangkau jumlah merchant lebih banyak lagi.
Namun, Haryanto belum membeberkan berapa target jumlah pengguna pada tahun ini. Dia hanya menyebut transaksi QRIS pada tahun ini sudah tumbuh lebih dari 100% dibanding tahun lalu
Haryanto menyampaikan, berdasarkan data dari Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), jumlah merchant pengguna QRIS mencapai 31,6 juta pada Maret 2024. Pertumbuhannya tersebut naik 24,6% dibandingkan tahun sebelumnya.
Kendati demikian, adopsi pembayaran digital di kalangan UMKM masih terdapat sejumlah tantangan mulai dari proses pendaftaran yang sulit, pencairan uang yang memerlukan waktu, hingga kekhawatiran uang yang diterima tidak sesuai nominal penjualan.
Keunggulan Gopay Merchant
Proses Pendaftaran Mudah
Aplikasi GoPay Merchant memiliki berbagai keunggulan. Pertama, proses pendaftaran QRIS yang sederhana dan cepat melalui aplikasi GoPay Merchant.
QRIS bisa langsung aktif dalam 30 detik setelah pendaftaran selesai dan langsung bisa digunakan untuk menerima pembayaran di toko atau warung. Proses pendaftaran QRIS ini merupakan yang tercepat di Indonesia.
Fleksibel Cairkan Dana
Selain itu, pemilik usaha dapat mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk secara otomatis saat jam operasional toko tutup. Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil penjualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya.
Pemilik Toko Buah Adam Jaya di Pasar Rebo Jakarta, Adam Jodi Firmansyah, menceritakan pengalamannya. Dulu, ia harus selalu membawa uang tunai setiap hari untuk belanja ke supplier.
Namun, dengan fitur pencairan fleksibel di aplikasi GoPay Merchant, ia bisa mencairkan hasil penjualan kapan saja, bahkan pada hari yang sama, dan disesuaikan dengan waktu tutup tokonya.
Pendapatan yang diterima hari ini dapat digunakan kembali sebagai modal untuk pembelian stok esok hari. “Jadi saya tidak perlu nalangin dulu agar Ibu bisa belanja stok buah seperti sebelumnya,” kata Adam.
Ia menyebut GoPay Speaker mengeluarkan notifikasi suara untuk setiap transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan. Inovasi ini, yang pertama di Indonesia, menawarkan tiga manfaat utama.
Pertama, menghindari potensi terjadinya transaksi palsu. Kedua, menghilangkan kekhawatiran adanya transaksi dengan nominal yang tidak sesuai atau transaksi yang tidak langsung masuk ke rekening. Ketiga, fitur ini juga membantu merchant melayani pembeli dengan lebih cepat.
“Karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi,” ujar Haryanto.