Cerita Baker’s Gram 'Go International' usai Didampingi Rumah BUMN BRI

Image title
Oleh Arif Hulwan - Tim Publikasi Katadata
14 Juni 2025, 09:46
Baker’s Gram, UMKM di bidang kuliner binaan Rumah BUMN BRI Jakarta sejak 2024, mendapat pelatihan strategi digital marketing hingga e-commerce.
BRI
Baker’s Gram, UMKM di bidang kuliner binaan Rumah BUMN BRI Jakarta sejak 2024, mendapat pelatihan strategi digital marketing hingga e-commerce.
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Baker’s Gram, yang merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner, kini berevolusi dari industri rumahan menjadi café modern dengan visi ekspor global usai mendapat pendampingan dari Rumah BUMN BRI.

Ratna, pemilik Baker’s Gram, mengisahkan usahanya ini berawal dari kecintaan pada tradisi keluarga. Saat duduk di jenjang SMP, ia membantu ibunya yang menggantikan sang kakak mengelola bakery di sebuah bridal house keluarga.

“Saat itu, bakery kami menjadi bagian dari layanan komprehensif bridal house, mulai dari busana hingga kue pengantin,” ujarnya, dalam keterangan tertulis.

Setelah sempat vakum karena renovasi rumah menjadi ruko pada 2000, semangat berwirausaha kembali tumbuh saat anak-anak tumbuh dewasa. Brand Baker’s Gram pun kembali terlahir pada 5 Desember 2023.

Ratna mendirikan badan hukum dengan nama PT Genta Tata Boga pada akhir Desember 2024. Legalitas usaha kini telah lengkap, termasuk Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal, dan  sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kini, usaha tersebut tidak hanya menjual roti dan kue, tetapi juga menghadirkan konsep café yang nyaman di kawasan Gunung Sahari, Jakarta, lengkap dengan menu kopi, sarapan, dan hidangan utama seperti chicken steak dan bakmi.

Dalam proses pertumbuhan usahanya, Ratna bergabung sebagai UMKM binaan Rumah BUMN BRI Jakarta sejak 2024. Di sini, ia aktif mengikuti berbagai pelatihan seperti strategi digital marketing, e-commerce, hingga sertifikasi halal self-declare.

“Saya paling antusias ikut pelatihan marketing digital, karena di era sekarang, penjualan online sangat penting,” tuturnya.

Tenaga kerja café ini juga didominasi oleh lulusan SMK dan Gen Z yang aktif dalam pengelolaan media sosial dan platform e-commerce.

“Mereka punya gaya sendiri, penuh semangat, dan cepat beradaptasi dengan dunia digital,” ujar Ratna.

Baker’s Gram, UMKM di bidang kuliner binaan Rumah BUMN BRI.
Baker’s Gram, UMKM di bidang kuliner binaan Rumah BUMN BRI. (BRI)

Pelatihan Hingga Dukungan Teknologi

Dukungan penuh dari BRI juga menjadi faktor penting dalam perjalanan Baker’s Gram.

Melalui Rumah BUMN Jakarta, BRI juga memberikan kemudahan layanan transaksi keuangan digital seperti EDC Merchant dan QRIS.

“BRI terus berkomitmen menjadi mitra utama pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui Rumah BUMN, kami tidak hanya memberikan akses pelatihan dan pembinaan, tetapi juga mendukung UMKM dengan teknologi dan akses pasar,” ujar Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi.

Saat ini, Baker’s Gram sedang bersiap untuk langkah besar berikutnya: ekspor ke pasar internasional. Mereka rencananya akan mengikuti pameran produk UMKM Indonesia di Istanbul pada September 2025, bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul dan Kementerian terkait.

“Tetap semangat, terus buka wawasan dan cari produk yang sesuai dengan passion. Ketika produk sudah ditemukan, fokuslah untuk mengembangkannya,” pungkas Ratna.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Arif Hulwan

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan