UOB Rilis Akselerator Inovasi Bisnis UOB FinLab di Indonesia
UOB Indonesia merilis program unggulan akselerator inovasi bisnis untuk mengembangkan dan mendigitalisasi bisnis di Indonesia bernama UOB FinLab. Peluncuran di Indonesia menandai regionalisasi UOB di lima pasar utama UOB di ASEAN.
UOB FinLab juga memulai program digitalisasi perdana bertajuk UKM SUKSES (Usaha Kecil Menengah Sistem Usaha Kreatif dan Solusi Ekonomi Sejahtera). Program selama dua hari ini bertujuan memberi bekal pengetahuan, strategi, dan tips praktis dalam mengadopsi teknologi digital.
Teknologi digital yang dimaksud khususnya terkait e-commerce. Tapi, UKM SUKSES juga membekali pesertanya dengan tips praktis soal pemasaran digital dan logistik, memberdayakan para peserta untuk mendigitalkan, serta mengembangkan bisnis mereka dengan sukses.
UOB FinLab Indonesia juga menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan mitra ekosistem lokal termasuk SMESCO, HIPMI dan APINDO. Kolaborasi ini bertujuan membangun ekosistem yang saling terhubung, mendukung, dan dinamis.
Kerja sama tersebut mencakup pertukaran pengetahuan, program, dan keahlian lintas negara untuk mendigitalkan, meningkatkan keterampilan, dan memberikan dukungan kepada 5.000 bisnis dalam tiga tahun ke depan.
Presiden Direktur UOB Indonesia Hendra Gunawan menjelaskan bahwa Indonesia mengalami percepatan pertumbuhan digitalisasi selama bertahun-tahun. Salah satunya didorong kontribusi perusahaan perintis sebagai bagian dari ekosistem digital.
“Di UOB Indonesia, kami percaya bahwa untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif, diperlukan dukungan dari pihak pemerintah, swasta, serta masyarakat dalam rangka mendukung pertumbuhan industri digital, infrastruktur, dan pelatihan yang tepat,” tuturnya dalam siaran pers, Jumat (22/9).
Country Head of Channels and Digitalisation UOB Indonesia Edisono Limin berpendapat, adopsi digital dapat menjadi tantangan bagi dunia usaha termasuk UKM.
“Kami hadir untuk mendukung proses digitalisasi mereka dengan menyediakan solusi, jaringan, dan peluang pembelajaran penting yang disesuaikan dengan kebutuhan, dimulai dengan program UKM Sukses,” ujar Edisono.
Kehadiran UOB FinLab di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Indonesia telah mendukung lebih dari 23.000 UKM di seluruh ASEAN.
UOB FinLab juga memungkinkan dunia usaha memanfaatkan ekosistem regional dalam menyediakan akses ke berbagai pakar bisnis dan teknologi serta alat dan konten. Berbekal perspektif dan platform beragam yang saling terhubung, UOB Indonesia bertujuan membekali UKM lokal dengan wawasan dan strategi yang dibutuhkan untuk menavigasi era digital.
Berdasarkan UOB Business Outlook Study 2023, 90 persen bisnis di Indonesia telah mengadopsi digitalisasi setidaknya di satu departemen. Kajian ini menemukan, digitalisasi menghasilkan kinerja bisnis, produktivitas yang lebih tinggi, serta peningkatan jangkauan nasabah.