Konglomerat Hermanto Tanoko Punya Pabrik AMDK Terbanyak di Indonesia

Lona Olavia
8 Januari 2024, 14:08
Konglomerat Hermanto Tanoko Punya Pabrik AMDK Terbanyak di Indonesia
CLEO
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) atau Tanobel Group mengawali tahun 2024 dengan kepemilikan pabrik air minum merek Cleo sebanyak 32 pabrik. Emiten produsen air minum dalam kemasan (AMDK) milik konglomerat Hermanto Tanoko tersebut lantas menjadi produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia.

“Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 2024 perseroan akan kembali menginvestasikan Rp 300 miliar. Yakni untuk penambahan pabrik baru, pengembangan pabrik eksisting, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, hingga perluasan jaringan distribusi,” kata  Melisa Patricia, CEO dari CLEO dalam keterangan resminya, Senin (8/1).

Rencananya perseroan akan membangun tiga pabrik baru di Palu, Sulawesi Tengah; Pontianak, Kalimantan Barat; dan Pekanbaru, Riau.

Dengan ekspansi yang terus dilakukan secara agresif ini, perseroan optimistis pendapatan dan laba bersih bisa tumbuh dua digit pada tiap tahun, tak terkecuali pada 2024.

Di penghujung tahun 2023, CLEO mulai mengoperasikan pabrik air minumnya di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Air minum dengan merek Cleo itu melayani hingga ke Samarinda dan Balikpapan. Selain sudah beroperasi, pabrik baru CLEO di IKN telah melakukan distribusi produknya hingga awal 2024 ini. 

"Mulai beroperasinya pabrik kami di IKN ini selain merupakan langkah strategis dalam mengembangkan supply chain distribusi di luar Jawa, juga memiliki makna simbolis yang sangat kuat. CLEO hadir dengan investasi yang meyakinkan di pusat pemerintahan yang baru," kata Melisa.

Beroperasinya pabrik tersebut merupakan bukti keseriusan perseroan untuk mendukung pengembangan ibu kota baru dengan berinvestasi dan menggarap potensi pasar di wilayah IKN. Berlokasi di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, pabrik ini berjarak sekitar 40 menit dari Titik Nol IKN.

Melisa menambahkan, pada tahun 2023 ini, perseroan telah membelanjakan dana sekitar Rp 300 miliar. Dananya untuk pembangunan pabrik, penambahan mesin, hingga penguatan jaringan distribusi melalui investasi

Selain ekspansi menambah kapasitas produksi, perseroan juga terus aktif meluncurkan produk - produk baru. Belum lama ini, perseroan telah merilis produk terbaru, Cleo Platine Sparkling Water yang ditujukan untuk segmen konsumen kelas atas. Produk Cleo Platine Sparkling Water ini dikeluarkan untuk memenuhi permintaan dari kalangan hotel, restoran dan premium kafe.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...