Hero Supermarket Akan Ganti Nama, Fokus Investasi ke Guardian dan IKEA

Syahrizal Sidik
22 April 2024, 14:51
Hero Supermarket Akan Ganti Nama, Fokus Investasi ke Guardian dan IKEA
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Supermarket Hero
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) mengumumkan rencana transaksi pengalihan bisnis Hero Supermarket kepada perusahaan ritel terafiliasi, PT Hero Retail Nusantara (HRN). Dalam waktu dekat, perusahaan juga akan berganti nama dan memfokuskan bisnisnya pada ritel Guardian dan IKEA.

Merujuk dokumen di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 19 April keduanya telah menyepakati perjanjian jual beli saham bersyarat terkait pengalihan bisnis Hero Supermarket kepada HRN. 

Berdasarkan perjanjian itu, nilai pengalihan segmen bisnis Hero Supermarket Rp 135 miliar sebelum pajak.  Diperkirakan transisi ini akan selesai pada akhir Juni 2024. 

Presiden Direktur HERO Group Hadrianus Wahyu Trikusumo mengatakan keputusan untuk mentransisikan bisnis Hero Supermarket bukan keputusan yang mudah. “Langkah ini memastikan kelangsungan dari karyawan Hero Supermarket di bawah kepemilikan baru. Ini merupakan hal yang positif bagi pelanggan dan karyawan Hero,” kata Hadrianus, dalam keterangan pers, Senin (22/4).

“Kami percaya bahwa ini merupakan langkah terbaik bagi semua pihak yang terlibat.”

Direktur PT Hero Retail Nusantara, Ipung Kurnia,  mengatakan transisi ini menandai bab baru bagi Ipung dan Hero Retail Nusantara. Ipung Kurnia adalah putra almarhum M.S. Kurnia, pendiri Hero Supermarket pada tahun 1971. Ia pernah menjabat sebagai Direktur di Hero Supermarket dari tahun 1989 hingga 1992, dan Direktur Utama PT Hero Supermarket dari tahun 1992 hingga 2008. 

“Bagi saya, Hero Supermarket lebih dari sekadar bisnis; ini adalah warisan, bukti dari visi ayah saya, ketekunan, dan dedikasi serta semangat bersama setiap individu yang telah membangun bisnis ini,” kata dia.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada HERO Group atas dukungan dan telah menjadi kunci dalam membentuk pertumbuhan dan evolusi luar Hero Supermarket hingga saat ini.

HERO Group tetap sepenuhnya berkomitmen pada bisnis ritelnya di Indonesia, mempertajam fokus strategis pada bisnis kesehatan dan kecantikan yang berkembang pesat, dan akan terus memiliki dan mengoperasikan toko Guardian Health and Beauty secara penuh. 

Perusahaan memiliki rencana menarik dalam beberapa tahun mendatang seraya terus menyegarkan format toko Guardian dan secara signifikan memperluas jaringan toko. 

Di sisi lain, Hero Group juga antusias dengan prospek bisnis furnitur rumah dengan terus memperkuat proposisi IKEA dengan berbagai inisiatif untuk pelanggan. “Dalam beberapa bulan mendatang, kami juga akan mengumumkan transisi nama perusahaan dari PT Hero Supermarket Tbk ke nama perusahaan baru kami,” ujar Ipung.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...