Bank Mandiri Borong 8 Penghargaan di ABF Awards 2024
Bank Mandiri meraih delapan penghargaan di ajang Asian Banking & Finance (ABF) Awards 2024. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen perseroan dalam memberikan layanan terbaik untuk nasabah.
Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, penghargaan tersebut juga buah konsistensi perusahaan berkontribusi terhadap perekonomian RI. Pencapaian di ABF ini juga membuktikan keandalan bisnis wholesales dan retail perseroan.
”Penghargaan ini menunjukkan kemampuan kami dalam beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (5/7).
Delapan penghargaan yang diperoleh Bank Mandiri mencakup berbagai kategori, termasuk Digital Transformation of the Year, Domestic Retail Bank of the Year, Mobile Banking & Payment Initiative of the Year, AI & Machine Learning Initiative of the Year, Data Governance Initiative of the Year, Private Bank of the Year, Domestic Trade Finance Bank of The Year, dan Domestic Cash Management Bank of The Year.
Menurut Aquarius, keberhasilan Bank Mandiri di dalam kategori Digital Transformation of the Year menunjukkan inisiatif digital yang inovatif. Hal ini termasuk pengembangan platform mobile banking yang memudahkan transaksi keuangan sehari-hari bagi nasabah.
“Penghargaan ini juga mencerminkan dedikasi kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan zaman,” ujarnya.
Penghargaan yang ada merupakan pengakuan atas upaya perseroan dalam mentransformasi layanan perbankan melalui teknologi digital. Ke depan, emiten bersandi saham BMRI ini berkomitmen terus berinovasi dan berinvestasi di bidang teknologi.
Keunggulan dalam Layanan Ritel dan Perbankan
Penghargaan Domestic Retail Bank of the Year menunjukkan keunggulan Bank Mandiri dalam memberikan layanan perbankan ritel yang andal dan terpercaya. Melalui berbagai produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, perseroan berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia.
Bila merujuk kepada kinerja perseroan, Bank Mandiri mencatat pertumbuhan kredit segmen ritel terus positif. Per akhir Maret 2024, total penyaluran kredit segmen retail banking tumbuh 10,9 perse secara year on year (yoy) menjadi sebesar Rp363 triliun secara bank only.
Bukan cuma itu, Penghargaan Mobile Banking & Payment Initiative of the Year juga menegaskan posisi Bank Mandiri sebagai pelopor dalam menyediakan solusi pembayaran yang mudah dan lewat kehadiran Livin’ by Mandiri. Dengan fitur-fitur yang user-friendly serta keamanan yang andal, bank pelat merah ini terus berupaya memberikan kemudahan akses layanan perbankan bagi seluruh nasabah.
Terlebih, sampai dengan Mei 2024, tercatat pengguna aplikasi Livin' by Mandiri menembus 25,4 juta, naik 37 persen secara tahunan. Dari jumlah ini, total nilai transaksi Livin' by Mandiri hingga Mei 2024 secara year to date (ytd) menyentuh Rp1.552 triliun dengan volume transaksi 1,45 miliar transaksi.
Livin’ by Mandiri tidak hanya menawarkan solusi keuangan komprehensif tetapi juga terus memperkenalkan layanan terbaik dan inovatif dalam setiap aspek kehidupan. Contohnya, fitur terbaru Livin’ KPR yang memudahkan nasabah ritel dalam mengajukan KPR.
Fitur Livin' KPR hadir sebagai solusi inovatif untuk merampingkan proses pembiayaan KPR menjadi lebih seamlessdengan memastikan proses pengajuan KPR yang cepat dan efisien. Mulai dari pilihan properti yang variatif, suku bunga yang kompetitif, diskon biaya provisi, hingga formulir pengajuan dan proses KPR yang mudah dan simpel, menjadi keuntungan yang dapat dinikmati nasabah Bank Mandiri dengan Livin’ KPR.
Kehadiran fitur Livin’ KPR diharapkan dapat mengoptimalkan akuisisi KPR dan meningkatkan portfolio Mandiri KPR di tahun 2024. Saat ini, pencairan KPR Bank Mandiri telah meningkat sebesar 31,4 persen yoy.
“Kami percaya, sekarang inovasi dan kualitas adalah kunci dalam menghadirkan pengalaman perbankan terbaik bagi nasabah kami. Sudah menjadi komitmen kami di Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan melalui inovasi-inovasi terdepan,” ucap Aquarius.
Bank berlogo pita emas ini juga mendapatkan pengakuan dari internasional dalam kategori AI & Machine Learning Initiative of the Year. Pasalnya perusahaan sukses mengimplementasikan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelayanan nasabah.
Di saat yang sama, penghargaan Data Governance Initiative of the Year juga diperoleh. Ini menunjukkan komitmen Bank Mandiri dalam menjaga integritas dan keamanan data nasabah, yang merupakan salah satu prioritas utama dalam operasional bank.
Pengakuan sebagai Private Bank of the Year mencerminkan kepercayaan nasabah terhadap layanan Private Banking yang ditawarkan oleh Bank Mandiri kepada para nasabah utama. Hal ini sejalan dengan terus meningkatnya Asset Under Management (AUM) lebih dari Rp15 triliun sampai dengan Maret 2024. Layanan ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nasabah kelas atas dengan berbagai solusi keuangan, investasi dan bisnis yang eksklusif dan personal.
Dominasi Pasar Wholesale
Selain itu, Bank Mandiri juga membuktikan dominasinya di pasar wholesale dengan menyabet gelar Indonesia Domestic Trade Finance Bank of The Year. Pengakuan ini mencerminkan layanan Trade Finance yang menyeluruh, serta mampu mendukung nasabah di setiap tahap operasional bisnis secara maksimal. Baik menggunakan metode documentary credit, documentary collection, maupun open account, Bank Mandiri memastikan transaksi berjalan dengan lancer.
Lebih lanjut Aquarius menjelaskan, Bank Mandiri juga menawarkan solusi pembiayaan yang komprehensif, meliputi tahap pre-shipment, in-transit, dan post-shipment. Secara konsisten diakui di panggung internasional, Bank Mandiri dinobatkan sebagai Indonesia Domestic Trade Finance Bank of the Year di ajang Asian Banking & Finance (ABF) Wholesale Banking Awards setiap tahun sejak 2015. Per Kuartal I 2024, kredit segmen wholesale banking Bank Mandiri mencatat pertumbuhan sebesar 25,1 persen secara yoy.
Di bidang layanan wholesale, keunggulan Bank Mandiri semakin tercermin melalui penghargaan Indonesia Domestic Cash Management Bank of The Year. Pencapaian ini menegaskan keunggulan bank dalam menyediakan produk dan layanan Cash Management untuk nasabah korporasi.
Aquarius berpendapat, pengakuan ini didukung inovasi digital Kopra by Mandiri, yang diluncurkan pada Oktober 2021. Kopra by Mandiri secara signifikan meningkatkan transaksi nasabah wholesale, dengan jumlah pengguna meningkat dua kali lipat menjadi 200.000 nasabah korporasi pada kuartal I 2024. Selain itu, platform ini telah mampu mengelola lebih dari Rp 4.800 triliun transaksi wholesale, dengan total 302 juta transaksi pada kuartal I 2024.
Bukan sekedar platform digital biasa, Kopra by Mandiri menawarkan berbagai fitur dan layanan yang dapat digunakan oleh nasabah korporasi. Dengan demikian, nasabah bisa melakukan berbagai macam transaksi keuangan dan aktivitas perbankan selama 24/7.
Tidak hanya korporasi di dalam negeri, melalui fitur Kopra Beyond Borders nasabah wholesale dapat mengakses Kopra by Mandiri di mancanegara seperti Dili, Singapura, Hongkong dan Shanghai.
Melalui fitur andalan termasuk Centralized Account Management, Consolidated Financial Dashboard, dan Multiple Company IDs Soft Token maka nasabah wholesale Bank Mandiri dapat mengelola dan memantau transaksi secara real-time secara mudah.
“Semua inisiatif ini bertujuan untuk memberikan kemudahan, efisiensi operasional, dan pengalaman transaksi tanpa batas kepada seluruh pelaku ekosistem bisnis melalui satu platform digital,” kata Aquarius.
Dia pun menegaskan, seluruh penghargaan yang diterima di ajang ABF Awards 2024 membuktikan dedikasi perseroan dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah yang berkontribusi terhadap masyarakat serta perekonomian Indonesia.