Bluebird (BIRD) Optimalkan Layanan Jelang Lebaran, Bidik Pertumbuhan di Atas 12%

Ringkasan
- Bluebird berkomitmen menyediakan layanan maksimal dan fleksibel selama Ramadan dan Lebaran untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat. Layanan ini dioptimalkan melalui berbagai kanal pemesanan, termasuk aplikasi MyBluebird.
- Bluebird mencatat pertumbuhan pendapatan 12% pada Ramadan dan Lebaran 2024 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Untuk menghadapi lonjakan permintaan, Bluebird menambah armada, meningkatkan pemantauan operasional, dan memperkuat layanan pelanggan.
- Selain layanan reguler Bluebird dan Silverbird, tersedia juga layanan sewa Goldenbird dan Bigbird, shuttle jarak jauh Cititrans, pengiriman barang Bluebird Kirim, dan perawatan kendaraan BirdMobil. Semua layanan berkomitmen pada standar keamanan dan kenyamanan "Standar Nyaman Indonesia" demi memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan bebas cemas bagi pelanggan.

PT Blue Bird Tbk (BIRD) menyampaikan komitmen menghadirkan layanan maksimal selama momen ramadan dan lebaran. Direktur Utama Blue Bird Adrianto Djokosoetono menyatakan perusahaan menyediakan berbagai layanan yang fleksibel untuk memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat.
Menurut pria yang biasa disapa Andre, Bluebird terus beradaptasi dengan kebutuhan mobilitas masyarakat yang dinamis sehingga bisa memacu kinerja perusahaan meningkat dari tahun sebelumnya. Pada 2024 lalu Bluebird mencatat pertumbuhan pendapatan 12% dibandingkan periode yang sama di 2023 selama momen ramadan dan lebaran.
“Bluebird sebagai perusahaan mobility as a service memastikan layanan tetap optimal selama ramadan dan lebaran,” ujar Andre Kamis (13/3).
Andre mengatakan, optimalisasi layanan dilakukan dengan akses mudah melalui berbagai channel termasuk MyBluebird dengan pembayaran fleksibel. Bluebird juga menyediakan beragam layanan mobilitas untuk perjalanan harian maupun jarak jauh.
“Untuk menghadapi lonjakan permintaan kami menambah armada di jam sibuk, meningkatkan pemantauan operasional secara real-time, dan memperkuat layanan pelanggan agar lebih responsif,” ujar Andre.
Menurut Andre, terdapat layanan Bluebird dan Silverbird untuk perjalanan harian, dan layanan sewa mobil, Goldenbird yang menyediakan berbagai pilihan armada dan pengemudi profesional. Adapun untuk mobilitas rombongan baik keluarga, rekan atau pun komunitas, terdapat Bigbird yang menyediakan berbagai tipe bus yang bisa disewa untuk dalam maupun keluar kota.
Sementara itu, Chief Marketing of Bluebird Mediko Azwar menyampaikan Cititrans merupakan layanan shuttle perjalanan jarak jauh, termasuk layanan ke bandara Soekarno-Hatta. Keperluan pengiriman barang, paket maupun hampers lebaran tersedia layanan Bluebird Kirim, dan perawatan kendaraan untuk mudik Lebaran dengan layanan BirdMobil.
“Sebagai bentuk nyata komitmen Standar Nyaman Indonesia, Bluebird memberikan #ExperienceLebih Fix Aman untuk menunjang mobilitas padat masyarakat,” ujar Mediko.
Ia menjelaskan, standar layanan diberikan bukan hanya menjamin keamanan fisik, tetapi juga menghadirkan ketenangan bagi pelanggan dalam setiap perjalanan. Ia menyebut pelanggan dapat menikmati perjalanan dengan tenang tanpa khawatir terlambat dengan lebih lebih aman, nyaman, dan bebas cemas.
“Komitmen ini kami hadirkan untuk mendukung mobilitas pelanggan di setiap momen penting, dari awal Ramadan hingga perayaan Idul Fitri,” ujar Mediko.
Saat ini Bluebird memiliki 20 anak perusahaan yang tersebar di 20 kota di Indonesia. Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 2014 ini menjelaskan jaringan distribusi perusahaan mencakup lebih dari 600 titik eksklusif di hotel, mal, pusat perbelanjaan, serta berbagai saluran reservasi secara daring.