Kemenkeu Habiskan Rp 49 T untuk Biaya Perawatan Pasien Covid-19

Abdul Azis Said
21 Desember 2021, 15:46
sri mulyani, biaya perawatan pasien covid-19, biaya pasien covid-19, virus corona
Antara/Aprillio Akbar
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, belanja untuk kesehatan hingga November melonjak 61,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kementerian Keuangan melaporkan belanja untuk kebutuhan kesehatan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga November 2021 mencapai Rp 220,4 triliun. Sebagian besar anggaran tersebut digunakan untuk kebutuhan penangana Covid-19 terutama untuk biaya perawatan pasien.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, belanja untuk kesehatan hingga November melonjak 61,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kinerja ini terutama dipengaruhi peningkatan belanja pemerintah pusat dalam rangka penanganan Covid-19 sebesar 81,6%, termasuk biaya perawatan pasien.

Advertisement

"Klaim perawatan dari para pasien Covid-19 yang mencapai 768 ribu terutama pada saat terjadi lonjakan akibat varian Delta, itu ongkosnya terhadap APBN luar biasa besar mencapai Rp 49,6 triliun," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN KiTA, Selasa (21/12).

Ia menjelaskan, sebagian besar realisasi pembayaran biaya perawatan dikucurkan dalam lima bulan terakhir. Jumlah pembayaran sepanjang Juli-November 2021 mencapai Rp 33,6 triliun. Adapun khusus bulan Oktober, tagihan biaya perawatan mencapai Rp 12,2 triliun.

Selain untuk membayar biaya perawatan pasien, anggaran kesehatan untuk Covid-19 juga digunakan untuk pengadaan vaksin. Jumlah vaksin yang didatangkan hingga November mencapai Rp 284,1 juta dosis dengan biaya Rp 26 triliun. Pada bulan lalu, pemerintah membeli vaksin dengan anggaran Rp 3,2 triliun.

"Selain itu, para tenaga kesehatan yang hingga hari ini harus melakukan langkah-langkah di bidang kesehatan diberi insentif tambahan sebesar Rp 8,7 triliun bagi yang ada di pusat dan Rp 6,1 triliun yang di daerah," kata Sri Mulyani.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement