Transaksi Berjalan Surplus US$ 4,4 M, Neraca Pembayaran Defisit

Abdul Azis Said
18 November 2022, 12:51
neraca pembayaran
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Petugas menghitung uang dolar AS di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta, Jakarta, Rabu (16/11/2022). Bank IndonesiaÊ(BI) mencatat, utang luar negeri (ULN) Indonesia sebesar 394,6 miliar dolar AS pada Kuartal III 2022, turun dibandingkan posisi pada kuartal sebelumnya yang sebesar 403,0 miliar dolar AS, dimana erkembangan tersebut disebabkan oleh penurunan ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) maupun sektor swasta.

Bank Indonesia mencatatkan defisit neraca pembayaran Indonesia (NPI) pada kuartal ketiga tahun ini sekalipun transaksi berjalan mengalami surplus yang semakin besar. Penyebabnya, pelebaran pada defisit transaksi finansial karena outflow di investasi portofolio seiring ketidakpastian di pasar keuangan global yang semakin tinggi.

Adapun neraca pembayaran indonesia pada kuartal ketiga mencatat defisit US$ 1,3 miliar, pembalikan signifikan dari kuartal sebelumnya yang masih surplus besar hingga US$ 2,4 miliar. Adapun neraca pembayaran ini terdiri atas tiga komponen, yakni transaksi berjalan, transaksi modal dan transaksi finansial.

Transaksi berjalan melanjutkan kinerja perbaikan, dengan surplus yang semakin besar yakni US$ 4,4 miliar. Realisasi ini setara 1,3% dari produk domestik bruto (PDB), dan lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya US$ 4 miliar.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan membaiknya kinerja transaksi berjalan tersebut bersumber dari peningkatan surplus neraca perdagangan nonmigas. Hal ini seiring dengan tetap kuatnya permintaan ekspor dari negara mitra dagang dan harga komoditas global yang masih tinggi, serta berkurangnya defisit neraca perdagangan migas sejalan dengan penurunan harga minyak dunia.

"Defisit neraca pendapatan primer juga sedikit lebih rendah seiring dengan penurunan pembayaran imbal hasil investasi langsung," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (18/11).

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...