Hingga Oktober 2023, Anggaran IKN Baru Cair Rp 13 Triliun

 Zahwa Madjid
27 November 2023, 14:29
Kemenkeu terkait anggaran IKN
ANTARA/HO-PLN Kaltimra
Pekerja di proyek GIS 4 IKN di dekat Kawasan Induk Pusat Pemerintahan (KIPP). Pada akhir November 2023 ini, GIS 4 sudah selesai 50%.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp 29,3 triliun pada tahun ini. Namun hingga Oktober 2023, baru cair sebesar Rp 13 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta merinci anggaran Rp 29,3 triliun tersebut terdiri dari Rp 26,3 triliun untuk infrastruktur dan Rp 3 triliun untuk non infrastruktur.

Advertisement

Namun pencairan anggaran tersebut masih lamban. Isa beralasan, lambannya pencairan anggaran tersebut karena pembayaran proyek - proyek infrastruktur lebih banyak dilakukan pada akhir tahun.

“Dari total Rp 29,3 triliun, pembayaran yang sudah dilakukan adalah Rp 13 triliun. Nah, ini biasanya [proyek] infrastruktur akan banyak pembayaran di akhir tahun,” kata Isa dalam konferensi pers APBN KiTa, Jumat (24/11).

Anggaran infrastruktur tersebut digunakan untuk pembangunan istana negara, kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), kawasan permukiman untuk ASN, pembangunan jalan tol IKN, serta duplikasi jembatan Pulau Balang Bentang.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Bendungan Sepaku Semoi serta penanganan banjir Sepaku dan pengendan banjir DAS Sungai Sanggai, Pamaluan, Saluang, dan Tengin.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement