Sri Mulyani Sudah Cairkan THR Rp 13,4 Triliun untuk ASN, TNI dan Polri

 Zahwa Madjid
25 Maret 2024, 12:25
THR
Katadata
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Tengah)
Button AI Summarize

Kementerian Keuangan telah merealisasikan Rp 13,4 triliun dari total anggaran Rp 48,7 triliun untuk Tunjangan Hari Raya (THR) ASN, pejabat, TNI, dan Polri serta pensiunan ASN hingga Minggu (24/3).

Secara rinci, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa anggaran Rp 3,2 triliun untuk THR ASN, pejabat, TNI dan Polri hingga 24 Maret 2024. Ini merupakan anggaran yang dialokasikan ke pusat. 

“Ini artinya sudah 625.112 pegawai dari 4.722 satuan kerja yang sudah menyampaikan surat perintah membayar [THR] dan sudah kita proses sehingga sudah bisa dibayarkan,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (25/3).

Adapun komponen THR untuk ASN, pejabat, TNI dan Polri terdiri dari gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan melekat dengan gaji pokok. Kemudian 100% tunjangan kinerja untuk ASN pusat dan 100% untuk tunjangan profesi guru dan dosen.

Sebagai informasi, kementerian keuangan menganggarkan dana Rp 18 triliun dari APBN untuk THR ASN pusat, TNI, dan Polri. Kemudian menganggarkan dana Rp 19 triliun untuk ASN daerah, tunjangan profesi guru ASN daerah dan tambahan penghasilan guru ASN daerah.

“Untuk realisasi pembayaran THR dari APBD (untuk ASN daerah) masih belum dapat informasinya. Nanti akan kita sampaikan,” ujar Sri Mulyani.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...