Kurs Dolar AS Terus Menguat, Rupiah Anjlok ke Level Rp 16.350

 Zahwa Madjid
17 April 2024, 16:40
Petugas menunjukan uang pecahan dolar AS di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta, Senin (20/11/2023). Nilai tukar rupiah ditutup di level Rp15.445 per dolar AS, menguat 47,5 poin atau 0,31 persen dari perdagangan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Petugas menunjukan uang pecahan dolar AS di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta, Senin (20/11/2023).
Button AI Summarize

Nilai tukar rupiah terus menunjukkan pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat. Pada perdagangan siang ini, Rabu (17/4) rupiah melemah 0,28% ke level Rp 16.220 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra berpendapat konflik yang memanas di Timur Tengah menjadi pemicu utama penguatan dolar AS saat ini. Tak hanya itu, mundurnya jadwal bank sentral AS, The Federal Reserve, memangkas suku bunga acuan juga menjadi kekhawatiran pasar.

“Bila pasar melihat isu konflik akan terus memanas, rupiah bisa bertahan melemah terhadap dolar AS. Dan sebaliknya, rupiah bisa balik menguat kalau isu konflik mereda dan The Fed (bank sentral AS, The Federal Reserve) akhirnya memangkas suku bunga acuannya,” ujar Ariston kepada Katadata.co.id, Rabu (17/4).

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Manilet mengatakan para investor saat ini mencari negara yang pasar keuangannya lebih stabil atau terkategorisasi sebagai safe heaven. Di tengah ketidakpastian, investor memilih keluar untuk sementara waktu dari pasar keuangan negara berkembang, seperti Indonesia. 

“Hal ini juga terjadi di Indonesia. Pada pembukaan perdagangan saham hari ini kami melihat ada pelemahan dan di satu bersamaan terjadi depresiasi nilai tukar rupiah yang relatif lebih buruk dibandingkan kondisi hari kemarin,” ujar Yusuf kepada Katadata.co.id, Rabu (17/4).

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...