IPA 2017 Show
Arief Kamaludin|Katadata
Image title
17 Mei 2017, 20:18

Berharap Solusi dari Ajang Tahunan Kumpul-kumpul Pelaku Migas

Para pelaku industri minyak dan gas bumi (migas) yang berhimpun dalam  Indonesian Petroleum Association (IPA) kembali menggelar hajatan tahunan berupa konvensi dan pameran atau IPA Convention and Exhibition (IPA Convex). Sesuai tema IPA Convex ke-41 di Jakarta, Rabu ini (17/5), yaitu "Accelerating Reform to Re-Attract Investment to Meet the Economic Growth Target", para pelaku industri ingin menggenjot investasi hulu migas untuk turut menopang perekonomian.

Presiden IPA Christina Verchere menyatakan, investasi untuk kegiatan eksplorasi sumber migas baru sangat penting dilakukan demi mencapai ketahanan energi Indonesia di masa mendatang. Persoalannya, sektor hulu migas di Indonesia saat ini menghadapi berbagai kendala, antara lain ketidakpastian hukum, aturan fiskal yang tidak kompetitif, reformasi regulasi dan rendahnya minat bagi blok baru yang ditawarkan pemerintah.

Saat membuka IPA Convex, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berjanji akan mempermudah proses perizinan usaha di sektor hulu migas. Bahkan, dia akan turun tangan memberikan persetujuan perizinan kepada kontraktor.

"Kalau saya di kantor tidak pakai surat, pakai disposisi saja setuju. Kalau sangat teknikal Wakil Menteri yang review, paling seminggu kurang ya," kata Jonan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami