Tol Salatiga Bawen Show
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Image title
12 Juni 2017, 20:23

Tol Menuju Jalur Wisata Jateng dan Jatim Siap Sambut Pemudik

Jalan tol Bawen- Salatiga di Jawa Tengah sepanjang 17,5 kilometer sudah siap beroperasi. Ruas tol dengan latar bentangan alam yang indah ini akan semakin memudahkan pengendara dari Semarang mengakses berbagai daerah wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.   

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimulyono menyatakan, ruas tol tersebut sudah bisa dilalui kendaraan bermotor dalam hitungan beberapa hari ke depan atau tepatnya 10 hari sebelum Lebaran tahun ini (H-10) . Sebab, pembangunannya sudah selesai 99 persen.

Sebagai tahap awal, tol Bawen-Salatiga ini bisa dinikmati secara gratis oleh para pemudik. "Ini jalan masih fungsional, tapi sudah mendekati operasional," kata Basuki saat meninjau kesiapan ruas tol tersebut akhir pekan lalu.

Ia menyatakan, jalan tol ini berperan strategis karena merupakan bagian dari jalur wisata menuju Yogyakarta, Solo, serta Jawa Timur. Tak kalah ciamik, pengendara yang keluar dari pintu tol Salatiga akan langsung disambut pemandangan Gunung Merbabu.

Ruas tol Bawen-Salatiga adalah bagian dari rangkaian jalan tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak di Banten dengan Surabaya di Jawa Timur. "Saya harap 2018 akhir, Jakarta- Semarang, Semarang- Solo, Solo-Surabaya tersambung," kata Presiden Joko Widodo, pekan lalu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami