Kementerian Perhubungan memang memprediksi jumlah mobil pribadi untuk mudik Lebaran tahun ini naik 13,92 persen dari tahun lalu menjadi menjadi 3,48 juta mobil.
15
Geliat Mudik
Foto ke 1 dari 15
Pemudik sepeda motor menunggu kedatangan kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (21/6). Pada malam H-4, Pelabuhan Merak mulai dipadati pemudik sepeda motor. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kemacetan panjang di jalur mudik Lebaran sudah menjadi pemandangan lazim setiap tahun. Lonjakan arus mudik dari Jakarta ke arah timur sudah terjadi sejak Rabu lalu (21/6) atau H-4 Hari Raya Idul Fitri. Di gerbang tol Cikarang Utama, volume kendaraan mencapai 116 ribu kendaraan.

Seiring cuti bersama mulai Jumat ini (23/6), puncak arus mudik diperkirakan terjadi sejak Kamis malam hingga malam ini. Antrean kendaraan sudah terjadi dari tol dalam kota Jakarta menuju tol Cikampek hingga ke ruas tol Cipali. Tol fungsional Brebes - Batang yang baru difungsikan, juga tak mampu menahan luapan kendaraan para pemudik.

Di Pelabuhan Merak, para pemudik baik kendaraan roda dua dan roda empat memadati area pelabuhan untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni. Kementerian Perhubungan memang memprediksi jumlah mobil pribadi untuk mudik Lebaran tahun ini naik 13,92 persen dari tahun lalu menjadi menjadi 3,48 juta mobil.

Sedangkan jumlah sepeda motor untuk mudik bertambah 18,18 persen. Sebaliknya, penumpang angkutan umum turun 2,11 persen.

Artikel Terkait
Ada tiga ruas jalan tol yang akan diresmikan bulan depan yakni, Soreang - Pasir Koja , Surabaya - Mojokerto, dan Solo - Ngawi.