Infografik Raksasa Show
Donang Wahyu|KATADATA
Donang Wahyu
5 September 2017, 16:58

Infografik Sejarah Ekonomi Indonesia Karya Katadata Tercatat di MURI

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan piagam atas rekor infografik terpanjang tentang perjalanan ekonomi Indonesia 1945-2017. Tampilan visual berukuran 1,8 x 17 meter ini menjelaskan tentang sejarah perekonomian Indonesia pasca-kemerdekaan.

Piagam tersebut diserahkan oleh CEO & Penggagas MURI Jaya Suprana kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada acara peluncuran infografik di Main Atrium Grand Indonesia, East Mall, Jakarta pada Rabu sore, 30 Agustus 2017.

Menurut Jaya Suprana, infografik ini bukan hanya terpanjang, melainkan juga yang pertama atau pelopor dalam membuat sejarah dalam bentuk infografik. “Infografik perjalanan sejarah ekonomi Indonesia ini bukan hanya rekor di Indonesia, namun juga rekor di dunia.”

Darmin mengatakan infografik ini dibuat untuk menyampaikan sejarah perekonomian dengan cara yang sederhana. “Infografik ini cara yang cerdas. Ini terobosan untuk mempelajari sejarah ekonomi dengan mudah. Kalau berupa buku, tidak banyak yang membaca,” kata Darmin.

Sebelumnya, infografik ini telah dipamerkan di Monumen Nasional bersamaan dengan pameran infografik dan foto tentang Kemajuan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri kabinet.

Infografik perjalanan perekonomian Indonesia ini menjelaskan tentang pasang surut perekonomian nasional yang telah dilalui Indonesia di bawah kepemimpinan tujuh Presiden yang berbeda.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami