Jokowi Yamaha Show
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Image title
Oleh Ajeng Dinar Ulfiana
5 Desember 2018, 05:52

Rekor Yamaha Tembus Ekspor Motor 1,5 Juta Unit

Kehadiran Presiden Joko Widodo menandakan sebuah perayaan bagi Yamaha. Senin lalu, Sang Presiden mengunjungi pabrik mereka di kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Perusahaan otomotif asal Jepang itu mencatatkan ekspor sepeda motor tahun ini 338 ribu unit, sehingga total kendaraan yang dikirim ke luar negeri menembus 1,5 juta unit.

Menurut COO Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, hanya dalam empat tahun Yamaha berhasil meningkatkan ekspor hingga 14,7 kali lipat. Dengan pencapai tersebut, ia menghitung ada surplus perdagangan Rp 11,8 triliun.

Adapun sepeda motor andalan Yamaha untuk ekspor antara lain seri skutik XMax, NMax, Aerox, dan Lexi. Lalu ada varian sport seperti YZF-R3, YZF-R25, YZF-R15, MT-25, dan MT-03. Juga ada jenis moped MX-King. Adapun negara tujuan ekspor antara lain Jerman, Prancis, Rusia, Amerika Serikat, hingga negara asalnya yakni Jepang.

Presiden menilai pabrikan Jepang yang hadir di Indonesia sejak 1974 ini berkomitmen dalam memenuhi komponen lokal. Jumlahnya mencapai 94 persen. Dampaknya, produksi Yamaha tidak membebani impor.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami