Serba Sulit saat Listrik PLN Mati Dua Hari

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Yuliawati

6/8/2019, 13.58 WIB13 Foto

Masyarakat mengalami kesulitan dengan matinya listrik PLN selama dua hari. PLN menyiapkan kompensasi.

Pemadaman listrik massal di sebagian wilayah Jawa terjadi selama dua hari, pada Minggu (5/8) dan Senin (6/8). Listrik mati selama dua hari membuat kehidupan masyarakat terganggu.

Pelaku industri menderita kerugian dalam jumlah besar dengan berhentinya kegiatan produksi karena ketiadaan pasokan listrik. Mereka berencana menggugat PLN atas kerugian tersebut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberi kompensasi kepada 21,3 juta pelanggan yang terdampak dari pemadaman listrik yang terjadi sejak Minggu (4/8). ESDM menghitung jumlah kerugian yang harus dibayar PLN sekitar Rp 1 triliun.

(Baca: Kronologi Listrik Mati Massal dan Kurang Antisipasinya PLN)

Pemberian kompensasi kepada pelanggan ini sesuai sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017 tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PLN.

PLN telah menyiapkan kompensasi sesuai deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan. Kompensasi akan diberikan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment.

Sementara kompensasi sebesar 20% dari biaya beban atau rekening minimum juga diberikan untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesesuaian tarif tenaga listrik (non adjustment).

(Baca: Listrik Mati 2 Hari, Berikut Perhitungan Kompensasi Pelanggan dari PLN)

Selengkapnya
Listrik PLN Padam
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Seorang pramuniaga merapihkan susunan sepatu di kawasan Pasar Baru pada Senin (5/8/2019). Pemadaman listrik membuat kegiatan bisnis terganggu.

Listrik PLN Padam
Foto: Twitter @mrtjakarta

PT MRT Jakarta melakukan proses evakuasi kepada 3410 orangdi semua stasiun saat terjadi pemadaman listrik, Minggu (04/08/2019).

Listrik PLN Padam
Foto: Twitter @mrtjakarta

PT MRT Jakarta melakukan proses evakuasi terhadap seluruh penumpang, baik yang berada di stasiun maupun yang berada didalam kereta, Minggu, (04/08/2019).

Listrik PLN Padam
Foto: Twitter @mrtjakarta

Akibat listrik mati, penumpang PT MRT Jakarta pada Minggu, (04/08/2019 harus dievakuasi baik yang berada di stasiun maupun yang berada didalam kereta.

Rusun Terdampak Pemadaman Bergilir
Foto: ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO

Warga beraktivitas di Rusun Bendungan Hilir saat terjadi pemadaman listrik bergilir di Jakarta, Senin (5/8/2019). Gangguan listrik yang terjadi sejak Minggu (4/8) belum sepenuhnya pulih hingga Senin (5/8) dan PT PLN (Persero) menyatakan pemadaman bergilir masih akan berlangsung karena masih terganggunya sistem pendistribusian listrik.

Rusun Terdampak Pemadaman Bergilir
Foto: ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO

Dua anak bermain di Rusun Bendungan Hilir saat terjadi pemadaman listrik bergilir di Jakarta, Senin (5/8/2019). Gangguan listrik yang terjadi sejak Minggu (4/8) belum sepenuhnya pulih hingga Senin (5/8) dan PT PLN (Persero) menyatakan pemadaman bergilir masih akan berlangsung karena masih terganggunya sistem pendistribusian listrik.

Listrik PLN Padam
Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Seorang pengunjung melintasi ruang pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang layanannya terhenti sementara, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (5/8/2019).. Sejumlah layanan di loket pelayanan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bekasi terhenti selama beberapa jam akibat pemadaman listrik bergilir oleh PLN.

Listrik PLN Padam
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Akibat pemadaman listrik, seorang pramuniaga merapihkan susunan sepatu menggunakan senter di kawasan Pasar Baru, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Listrik PLN Padam
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Seorang guru tengah memeriksa tugas muridnya di dalam ruang kelas yang gelap akibat padamnya aliran listrik di MTs Annajah, Jalan Ciledug Raya, Jakarta, Senin (5/8/2019). Sekolah memulangkan murid lebih awal karena gelapnya ruang kelas, matinya mesin pendingin serta kurang tersedianya air untuk kebutuhan MCK dan Wudhu akibat padamnya listrik di kawasan tersebut.

Permintaan Genset Meningkat
Foto: ANTARA FOTO/Fauzan

Pedagang melayani calon pembeli generator listrik di Pasar Anyar, Tangerang, Banten, Senin (5/8/2019). Gangguan listrik sejak Minggu (4/8) hingga Senin (5/8), membuat permintaan generator listrik yang dijual Rp4 juta - Rp5 juta per buah, meningkat dari hari biasanya.

Listrik PLN Padam
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pedagang menunggu pembeli di kawasan Pasar Baru yang mengalami pemadaman listrik, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Listrik PLN Padam
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Warga menarik uang tunai dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di salah satu galeri ATM di Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (5/8/2019). Saat listrik PLN padam, layanan ATM sempat terganggu.

Listrik PLN Padam
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pengendara melintas di dekat lampu lalu lintas yang tidak berfungsi di Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin (5/8/2019). Pemadaman listrik yang terjadi di wilayah Jabodetabek mengakibatkan sejumlah lampu pengatur lalu lintas tidak berfungsi.