Foto: Selamat Jalan Mr. Crack, Bacharuddin Jusuf Habibie

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Muchamad Nafi

12/9/2019, 18.45 WIB14 Foto

Habibie sudah termasyhur jauh sebelum menjadi orang nomor satu di Indonesia menggantikan Soeharto.

Ia lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 juni 1936. Dalam usia 83 tahun, Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019. Fungsi organ-organnya telah melemah termakan usia, yang memaksanya mengembuskan napas terakhir pada pukul 18.05.

Habibie sudah termasyhur jauh sebelum dia menjadi orang nomor satu di Indonesia menggantikan Soeharto. Di dunia kedirgantaraan, namanya begitu harum tatkala menemukan Teori Habibie yang dikenal sebagai Crack Progession Theory. Di sana dijelaskan mengenai titik awal retakan pada sayap dan badan pesawat untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Pesawat pun dapat bermanuver lebih aman dan tak perlu menambah beban konstruksi sebagaimana teori sebelumnya.

Hari ini, Kamis (12/9), orang berbondong-bondong mengiringi kepergiannya. Habibie dikebumikan dengan prosesi militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin doa saat pemakaman. Hadir pula di sana Presiden kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Selamat jalan Mr. Crack.

Selengkapnya
Habibie Wafat
Foto: FOTO ANTARA/P02

FOTO DOKUMENTASI. Menteri negara Riset dan Tekonologi Prof.Dr.B.J. habibie (kanan) menjelaskan model pesawat terbang dari berbagai jenis dalam suatu pertemuan dengan Menteri Pertahanan Australia Ian Sinclair (tengah) di ruang kerja Menristek di Gedung BPP Teknologi Jakarta, Selasa (14/01/1983).

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Audy MA

FOTO DOKUMENTASI. Presiden B.J.Habibie mengacungkan telunjuknya sambil berguyon pada pidatonya tentang RAPBN, di hadapan para anggota MPR/DPR, di Jakarta, Senin (4/1/1999).

Habibie Wafat
Foto: Foto ANTARA/Audy MA/PF-02

FOTO DOKUMENTASI . Presiden BJ HAbibie membidikkan kamera sakunya ke arah para wartawan saat menunggu kedatangan Presiden Filipina Joseph Estrada di Batam, Selasa (13/10/1998). Presiden Estrada menyempatkan bertemu Habibie disela-sela kesibukannya mengikuti pertemuan ekonomi di Singapura.

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

FOTO DOKUMENTASI. Presiden ke-3 RI BJ Habibie menyampaikan pidato kepemimpinan dalam acara "Supermentor-6: Leaders", Jakarta, Minggu (17/5/2015) malam. Habibie menyampaikan pandangannya mengenai Filosofi Hidup, Resep Sukses, etos Kerja dan Ilmu Kepemimpinan bersama tokoh negarawan Susilo Bambang Yudhoyono, Try Sutrisno, dan Xanana Gusmao dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional ke-107.

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

FOTO DOKUMENTASI. Presiden ke-3 RI sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) BJ Habibie tertawa saat pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Tahun 2017 di Istana Kepresidenan Bogor, Jakarta, Jumat (8/12/2017). Habibie berharap peran ICMI bersama pemerintah dapat mengembalikan Pancasila sebagai pandangan hidup bisa diakumulasikan dalam kehidupan bermasyarakat melalui pembangunan yang pro-rakyat atau ekonomi pasar Pancasila.

BJ Habibie
Foto: KATADATA/Arief Kamaludin

Mantan Presiden BJ Habibie menyapa awak media sebelum menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2016 di Jakarta, Selasa, (16/08).

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Handout/Biro Pers-Kris

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) dan putra Gibran Rakabuming (kedua kanan) berbincang dengan putra almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie (kanan) dan Thareq Kemal Habibie (kiri) saat melayat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD.

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim

Pelajar SD Al Falah Surabaya mendoakan almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/9/2019). Kegiatan Shalat Ghaib dan doa bersama yang diikuti 750 pelajar SD Al Falah tersebut bertujuan agar para murid meneladani sosok BJ Habibie sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum.

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Warga menyaksikan iring-iringan mobil jenazah yang membawa almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta.

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Prajurit TNI berada di dekat liang lahat yang dipersiapkan untuk pemakaman almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPU) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Presiden Joko Widodo (kanan) selaku Inspektur Upacara memasukkan tanah ke dalam liang lahat almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengusung peti jenazah almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD.

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bendera Merah Putih setengah tiang berkibar di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/9/2019).Pengibaran bendera setengah tiang tersebut dilakukan sebagai Hari Berkabung Nasional selama tiga hari ke depan untuk menghormati almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie yang meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019).

Habibie Wafat
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Sidang Tahunan MPR diselenggarakan dengan agenda penyampaian pidato Presiden Joko Widodo mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara.