M Bloc Show
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Image title
Oleh Ajeng Dinar Ulfiana
25 November 2019, 05:30

Foto: Gairah Baru Nostalgia di Ruang Kreatif M Bloc

Menjelang senja akhir pekan lalu sejumlah pemuda lalu-lalang di M Bloc Space. Nama tempat nongkrong yang sedang naik daun di kalangan milenial Jakarta Selatan ini sudah menunjukkan lokasinya: kawasan Blok M.

Area kongko kekinian tersebut menemati bangunan bekas Perusahaan Umum Percetakan Uang (Peruri) seluas 7.000 meter per segi. M Bloc Space berada di antara Stasiun MRT ASEAN dan Blok M. Tak jauh pula halte busway Blok M. Dengan terintegrasinya sarana transportasi ini, pengunjung diharapkan menggunakan kendaraan umum karena tidak ada lahan parkir di sana.

Ruang kreatif muda-mudi ini diresmikan pada akhir September lalu, Kamis (26/9/2019). Bangunannya bernuansa tempo dulu, hanya satu lantai terhampar luas dengan dekorasi estetik dan sederhana. Karena itu, walau ditujukan bagi kalangan milenial, juga cocok bagi yang ingin bernostalgia dengan suasana 1980-an.

Sisi depan kawasan ini menjadi tempat usaha industri kreatif. Sementara di lorongnya berderet toko-toko yang menjajakan karya-karya tersebut, selain menyuguhkan produk dari berbagai pelosok.

Di bagian dalam terdapat panggung musik dengan konsep indoor. Rencananya, M Bloc Space juga akan menjadi wadah bagi para musisi unjuk kebolehan. Sejumlah mural telah mewarnai ruang tengah M Bloc, salah satu sudut yang kerap dijadikan titik selfi para pengunjung.

Jadi, bagi generasi baby boomers yang ingin bernostalgia atau kalangan milenial yang ingin merasakan sebagian aura masa lalu bisa singgah ke sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami