Foto: 10 Potret Pilihan Pekan Ini

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Muchamad Nafi

13/12/2019, 12.00 WIB10 Foto

Lensa fotografer mengabadikan momen-momen penting sepanjang pekan ini. 10 potret pilihan Katadata.co.id.

Hampir selalu ada peristiwa menarik perhatian publik setiap hari dari penjuru Tanah Air. Lensa fotografer pun mengabadikan momen tersebut. Berikut ini 10 potret pilihan Katadata.co.id di pekan kedua Desember 2019.

Selengkapnya
Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sejumlah anak tertidur di trotoar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Anak-anak yang tumbuh besar di jalanan tanpa pengawasan rentan terseret ke dunia kriminalitas hingga menjadi korban kekerasan fisik maupun seksual.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Seorang warga menangis histeris saat penggusuran permukiman Tamansari di Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Upaya penggusuran tersebut berakhir ricuh setelah Satpol PP memaksa warga dan aktivis mahasiswa untuk mengosongkan tempat tinggalnya di lahan sengketa di mana proses sidang sengketa lahan masih berlangsung di PTUN Bandung.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Jojon

Seorang pemulung mencari sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Kecamatan Puuwatu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (11/12/2019). Warga di sekitar lokasi tersebut yang menjadi pemulung bisa mendapatkan uang dari menjual sampah botol plastik berkisar Rp70 ribu sampai Rp85 ribu per harinya.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Warga memotong pohon yang menimpa sebuah mobil pascabencana angin kencang di Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (9/12/2019). Bencana angin kencang yang disertai hujan lebat di daerah tersebut mengakibatkan satu orang meninggal dunia, tiga mobil rusak dan sejumlah bangunan roboh.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Terdakwa kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama Romahurmuziy (kiri) berusaha menutup kamera pewarta foto dengan tangannya usai menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (11/12/2019). Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan lima orang saksi, salah satunya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pegolf Indonesia Rory Hie mengamati posisi bola pada turnamen BNI Indonesian Masters 2019 di Royale Jakarta Golf Club, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Rory Hie yang pernah menjuarai Asian Tour di ajang Classic Golf and Country Club International Championship 2019 di India ini menjadi pegolf unggulan Indonesia di turnamen tersebut.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pemain Timnas U-22 Indonesia Evan Dimas (kedua kanan) yang cedera menyapa suporter seusai Timnas Indonesia kalah dari Timnas Vietnam dalam final sepak bola putra SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). Timnas U-22 Indonesia meraih medali perak setelah kalah 0-3 dari Vietnam.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Warga membaca buku di Ruang Baca Jakarta, kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Minggu (8/12/2019). Keberadaan perpusatakaan mini tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat baca warga Jakarta.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Wisatawan mengayuh becak cinta atau becak hias di kawasan Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, Minggu (8/12/2019). Becak cinta tersebut merupakan kendaraan yang dijalankan dengan cara dikayuh yang dihiasi lampu led warna-warni beragam karakter yang disediakan untuk wisatawan malam dengan jasa sewa Rp25 ribu per satu kali putaran di kawasan alun-alun dengan omset yang didapat mencapai Rp200 ribu hingga Rp350 ribu per malam.

Foto Pilihan Pekan Kedua Desember 2019
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Seorang warga bermain gitar di permukiman semi permanennya di kawasan pesisir Muara Baru, Jakarta, Rabu (11/12/2019). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa setengah dari warga Jakarta tidak memiliki rumah sendiri yang disebabkan oleh tidak adanya hak tanah atas tempat tinggal.