Foto: Jalan Baru Bambang Pamungkas sang Penyerang Persija

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Muchamad Nafi

18/12/2019, 17.30 WIB6 Foto

“Orang bijak berkata, laki-laki sejati tidak menangis tetapi hatinya berdarah. Malam ini izinkan saya menjadi seorang laki-laki sejati," kata Bambang.

Penyerang Persija Jakarta Bambang Pamungkas mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Ia menyampaikan keputusan tersebut usai memperkuat timnya menghadapi Persebaya Surabaya  dalam laga kompetisi Liga 1 musim 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta kemarin malam.

“Orang bijak berkata, laki-laki sejati tidak menangis tetapi hatinya berdarah. Malam ini izinkan saya menjadi seorang laki-laki sejati yang hatinya berdarah,” kata Bepe, demikian sapaan akrab pria 39 tahun itu seperti dikutip Antara, Selasa (17/12/2019)​​​​​​.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada klubnya, Persija Jakarta, yang ia bela sejak 1999. Juga kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan The Jakmania, suporter Persija yang selalu memberikan dukungan di setiap kondisi.

“Saya pernah menjadi pemain terbaik, top scorer, dan juara di sini,” ujarnya. “Namun saya juga pernah patah kaki, depresi, dan dianggap pengkhianat di sini. Dalam segala kondisi, kalian semua tetap berada di belakang saya.”

Sebaliknya, The Jakmania menyampaikan terima kasih kepada Bepe melalui nyanyian, “Terima kasih Bambang Pamungkas, dari kami Jakmania”.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyampaikan testimoni untuk Bepe. “Legendanya tidak akan pernah berhenti dalam sejarah Persija. Dia akan selalu menjadi inspirasi anak-anak kita. Dia bukan hanya milik Jakarta, tetapi idola Indonesia,” ujar Anies.

Sepanjang berkarier sebagai pesepakbola, Bepe mencetak 200 gol untuk Persija Jakarta. Di timnas Indonesia, Bepe yang pernah merumput di Malaysia untuk klub Selangor FA masuk jajaran pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 36 aksi yang membobol kandang lawan.

Selengkapnya
BAMBANG PAMUNGKAS PENSIUN
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pesepak bola Persija Jakarta Bambang Pamungkas (tengah) mengangkat kostum miliknya yang dibingkai usai melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019).

BAMBANG PAMUNGKAS PENSIUN
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pesepak bola Persija Jakarta Bambang Pamungkas (keempat kiri) berfoto bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (ketiga kiri), CEO Persija Jakarta Ferry Paulus (kedua kiri) dan tokoh nasional Dahlan Iskan (kedua kanan) usai melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019).

BAMBANG PAMUNGKAS PENSIUN
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sepanjang kariernya, Bambang Pamungkas sudah mencetak 200 gol untuk Persija Jakarta. Bersama timnas Indonesia, dia masuk jajaran pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 36 gol.

BAMBANG PAMUNGKAS PENSIUN
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bepe pernah merumput di Malaysia untuk klub Selangor FA dan sempat mengantarkan timnya merengkuh tiga gelar juara yakni Malaysia Premier League (tingkat kedua liga Malaysia), Piala Malaysia dan Piala FA Malaysia pada 2005.

BAMBANG PAMUNGKAS PENSIUN
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bepe menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi DKI Jakarta serta suporter Persija, The Jakmania yang dinilainya selalu memberikan dukungan di setiap kondisi.

SUPORTER PERSIJA JAKARTA
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Suporter Persija Jakarta membentangkan poster bertuliskan nomor punggung Bambang Pamungkas saat melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga-1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Pertandingan tersebut merupakan terakhir kalinya Bambang Pamungkas bermain dengan hasil akhir Persija Jakarta dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-2.