Foto: Operasi Sengit Menangkap Kapal Vietnam di Natuna Utara

Penulis: Arief Kamaludin

Editor: Muchamad Nafi

10/1/2020, 08.40 WIB5 Foto

“Tiga kapal ikan berbendera Vietnam sempat melakukan perlawanan sengit saat hendak ditangkap. Prosesnya sangat menegangkan,” kata Menteri KKP Edhy Prabowo.

Pemerintah makin mengintensifkan pengawasan laut dari kapal-kapal pencuri ikan. Pekan lalu, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap tiga kapal ikan asing berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara.

Kapal tersebut ditangkap pada 30 Desember 2019. Armada Vietnam itu di antaranya KG 95118 TS ukuran 125 GT dengan jumlah awak kapal lima orang dan KG 94629 TS ukuran 98 GT berawak 18 orang. “Dan KG 93255 TS ukuran 98 GT jumlah awak kapal sebanyak 13 orang,” kata Menteri KKP Edhy Prabowo, seperti dikutip Antara, di Sungai Kakap, Kamis (9/1/2020).

Penangkapan dilakukan menggunakan Kapal Pengawas milik KKP yang terdiri dari KP Orca 3, KP Hiu Macan 01, dan KP Hiu O11. Dalam penangkapan tersebut, kementeriannya berkoordinasi dengan TNI AL yang mengerahkan KRI Tjiptadi-381 dan KRI Teuku Umar 385. Tak ketinggalan pula Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang mengirimkan KN Tanjung Datu.

(Baca: 1.000 Kapal Asing Melintasi Natuna, Menteri Edhy Kirim Tim Pengawas)

“Tiga kapal ikan berbendera Vietnam sempat melakukan perlawanan sengit saat hendak ditangkap. Prosesnya sangat menegangkan,” ujar Edhy. “Akibatnya Kapal Pengawas Perikanan yang menangkap mengalami beberapa kerusakan, bahkan Kapal Orca 03 kerusakannya cukup parah.”

Selengkapnya
MENTERI KKP TINJAU KAPAL TANGKAPAN
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tiga kanan) didampingi Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (empat kanan), Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono (dua kanan) dan Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad (kanan) meninjau kapal pencuri ikan berbendara Vietnam di Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak di Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (9/1/2020).

MENTERI KKP TINJAU KAPAL TANGKAPAN
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Seorang petugas Kapal Pengawas Kementerian Kelautan dan Perikanan bersiaga di sekitar kapal pencuri ikan berbendera Vietnam hasil tangkapan di Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak di Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (9/1/2020).

MENTERI KKP TINJAU KAPAL TANGKAPAN
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP berhasil menangkap tiga kapal ikan asing berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara.

MENTERI KKP TINJAU KAPAL TANGKAPAN
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Edhy menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada aparat dari Ditjen Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan-KKP yang telah dengan sabar, sigap dan tegas, dalam menghadapi provokasi dan perlawanan dari kapal-kapal ikan asing berbendera Vietnam tersebut.

MENTERI KKP TINJAU KAPAL TANGKAPAN
Foto: ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Keberhasilan penangkapan kapal ikan ilegal tidak lepas dari informasi yang disampaikan masyarakat dan sistem deteksi dini melalui analisis data RADAR dan AIS yang dilakukan oleh KKP selama 24 jam non-stop. Namun demikian pilihan operasi yang hati-hati bahkan cenderung 'senyap' harus diambil mengingat dinamika di lapangan yang luar biasa.