KEJAGUNG TAHAN MANTAN DIRUT JIWASRAYA Show
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Image title
15 Januari 2020, 09:05

Foto: Benny Tjokro dan Sederet Tersangka Lain di Kisruh Jiwasraya

Kurang dari sebulan setelah pengusutan dugaan korupsi di Asuransi Jiwasraya masuk penyidikan, kemarin Kejaksaan Agung menetapkan para tersangkanya. Sederet nama masuk dalam pusaran ini, di antaranya Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro.

Selain Benny ada nama Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Di perusahaan lain, Heru menjabat Presiden Komisaris PT Inti Agri Resources, Presiden Komisaris Maxima Integra Investama, Direktur PT Maxima Agro Industri, dan Presiden Komisaris PT Gunung Bara Utama.

Lalu deretan tersangka dari bekas pejabat teras Jiwasraya di antaranya mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo. Menyusul dua tersangka lain yakni mantan Direktur Utama Hendrisman Rahim dan petinggi Jiwasraya Syahmirwan. Seuasai pemeriksaan kemarin, keduanya dibawa petugas kejaksaan dengan mengenakan rompi tahanan.

(Baca: Hary Prasetyo, Eks Direktur Keuangan Jiwasraya yang Ditahan Kejaksaan)

Pengusutan kasus ini bermula dari kegagalan Jiwasraya membayar klaim polis JS Saving Plan pada Oktober 2018 sebesar Rp 802 miliar. Jumlah ini terus membengkak hingga akhir tahun kemarin. Menurut Kejaksaan, kerugian negara akibat dugaan korupsi dalam pengelolaan dana investasi Jiwasraya sekitar Rp 13,7 triliun pada Agustus 2019.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami