New Normal, Masjid Agung Al Barkah Bekasi Gelar Salat Jumat Show
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Image title
29 Mei 2020, 17:14

Foto: 'New Normal', Masjid Agung Al Barkah Bekasi Gelar Salat Jumat

Warga memadati Masjid Agung Al-Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/5) siang. Mereka tampak antusias hendak menunaikan Shalat Jumat perdana setelah kurang lebih dua bulan tidak melaksanakannya di masjid.

Ada sejumlah protokol kesehatan bagi jemaah, warga yang memasuki kawasan masjid harus terlebih dulu melewati chamber disinfektan. Petugas juga mengecek suhu tubuh warga yang datang. Setiap warga juga diberikan satu kantong kresek hitam untuk menyimpan alas kaki mereka selama shalat berlangsung.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) juga telah menyediakan saf dengan pengaturan jarak di dalam masjid. Namun, saf shalat berjamaah terpantau keluar hingga halaman masjid. Bahkan, beberapa ada yang salat di sekitar parkiran motor.

Warga yang hadir juga tak hanya orang dewasa. Sejumlah anak kecil juga terlihat mengikuti salat Jumat di Masjid Agung Al-Barkah.

Salah seorang warga yang hadir mengaku masih waswas untuk salat berjemaah di masjid. Namun, dia tetap antusias menjalani ibadah Salat Jumat pertamanya di masjid setelah beberapa bulan.

"Ya namanya manusia, masih ada rasa waswas, tapi ini kan Salat Jumat pertama berjemaah," ucap Rizki

Warga lainnya, Rochim juga mengaku sedikit cemas. Kendati begitu, ia yakin dengan penerapan protokol kesehatan, dirinya tak akan tertular virus corona.

"Kita yang penting tetap pakai protokol kesehatan aja. InsyaAllah enggak apa-apa," tutur Rohim.

Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi mulai menggelar salat Jumat berjemaah per hari ini, Jumat (29/5). Pelaksanaan salat berjamaah tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).


Pengurus Masjid Al-Barkah Ismail Sampurna mengatakan, pembukaan kembali masjid ini sesuai dengan instruksi Wali Kota Bekasi Rachmat Effendi.

Editor: Donang Wahyu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami