[Foto] Berkah Ramadan, Pedagang Kurma di Pasar Tanah Abang Kebanjiran Pesanan
Kurma menjadi buah yang identik saat Ramadan. Buah anjuran Nabi Muhammad SAW ini banyak dicari oleh masyarakat untuk dijadikan santapan saat berbuka puasa.
Hal ini tentunya menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang kurma. Seperti yang dirasakan oleh Toni (35), penjual kurma di kawasan Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dirinya mengatakan pada awal bulan Ramadhan ini pesanan kurma di tokonya meningkat hingga 70%.
"Biasanya itu perhari orderan paling 1.000 kemasan. Kalau bulan puasa ini langsung 5.000 sampai 7.000 kemasan," katanya sambil mengemas kurma pesanan konsumen. Toni memprediksi penjualan kurma tersebut akan terus meningkat hingga pertengahan bulan Ramadan.
Selain melalui toko di Pasar Tanah Abang, Toni memanfaatkan platform media sosial yakni TikTok untuk menjual kuramnya. Kurma yang dijual berasal dari Mesir, Tunisia, Palestina, dan Arab Saudi. Harganya mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 300 ribu per kilogram, tergantung merek dan kualitas dari kurma.
Katadata/Fauza Syahputra
Pedagang menata kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pembeli melihat berbagai jenis kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pembeli melihat berbagai jenis kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pedagang menata kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pedagang menata kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pembeli melihat berbagai jenis kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pembeli melihat salah satu jenis kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pedagang mengemas kurma pesanan konsumen di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Pedagang menata kurma yang telah dikemas untuk dikirimkan kepada konsumen di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.
Katadata/Fauza Syahputra
Salah satu merek kurma yang dijual di Blok C Pasar Tanah Abang, Jakarta, Kamis (6/3/2025). Berdasarkan penuturan pedagang, penjualan kurma di bulan Ramadhan mengalami peningkatan hingga 70 persen dengan total pesanan mencapai 7000 kemasan per harinya.