Jangan Gugup Lagi, Ini Kumpulan Contoh Pidato Bahasa Inggris

Image title
6 April 2022, 15:03
Ilustrasi, aktris Emma Watson berpidato di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam event "He-for-She". Ada banyak contoh pidato bahasa Inggris yang bisa menjadi rujukan atau referensi ketika kebingungan membuat pidato berbahasa Inggris.
ndtv.com
Ilustrasi, aktris Emma Watson berpidato di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam event "He-for-She". Ada banyak contoh pidato bahasa Inggris yang bisa menjadi rujukan atau referensi ketika kebingungan membuat pidato berbahasa Inggris.

Contoh pidato bahasa Inggris bisa menjadi referensi ketika berencana memberikan pidato berbahasa Inggris yang berkesan, baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan.

Pidato adalah kegiatan yang akan sangat berguna apabila seseorang hendak mengutarakan suatu pendapat, membagi wawasan, mengajukan permintaan atau bahkan perintah. Kita pun sering mendengar seseorang berpidato baik dalam pertemuan sederhana hingga pidato kenegaraan di televisi.

Advertisement

Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Makanya, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara.

Struktur Teks Pidato

Struktur teks pidato adalah suatu hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa struktur teks pidato yang bisa menyusun teks pidato secara utuh dan berkesinambungan.

1. Salam Pembuka

Struktur yang pertama dari teks naskah pidato yaitu salam pembuka. Salam pembuka terletak pada bagian awal dan menjadi pembukaan dalam suatu pidato.

2. Ucapan Penghormatan

Struktur kedua teks pidato adalah ucapan penghormatan. Ucapan penghormatan tersebut biasanya diberikan kepada pejabat tinggi yang telah hadir dalam acara yang ada dalam pidato tersebut.

3. Ucapan Syukur

Bagian teks pidato selanjutnya adalah ucapan syukur. Bagian tersebut biasanya berisi tentang rasa syukur karena bisa berkumpul bersama dengan para hadirin.

4. Isi Pidato

Isi dari pidato adalah bagian yang paling pentingdalam pidato. Bagian tersebut berisikan tentang gagasan, informasi, ide atau hal lainnya yang disampaikan kepada orang yang hadir.

5. Penutup

Struktur terakhir dari pidato adalah penutup pidato. Penutup biasanya berisikan kesimpulan dan diikuti dengan salam penutup.

Tujuan Teks Pidato

Ada beberapa tujuan teks pidato menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi seseorang yang akan berpidato, yaitu:

  • Mempermudahkan seseorang yang berpidato untuk menyampaikan gagasan, ide atau informasi lainya kepada khalayak umum secara langsung.
  • Membatasi pemnyampaian informasi agar bisa lebih padat dan bisa lebih fokus sehingga bisa menghindari penjelasan dan memaparkan informasi yang sangat bertele-tele saat berlangsungnya pidato.
  • Memberikan inspirasi bagi seseorang yang berpidato untuk melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar dan juga kebutuhan dari pendengar.
  • Mengantisipasi terjadinya lost speech yang sering terjadi karena seseorang yang lupa apa yang akan disampaikanya. Hal tersebut biasanya terjadi karena orang yang akan berpidato terkena demam panggung.

Contoh Pidato Bahasa Inggris

Dalam berpidato, sebagian orang, terutama yang belum terlatih atau terbiasa berpidato di depan banyak orang, bisa merasa gugup hingga semua kalimat yang telah dihafal maupun dibaca seolah buyar begitu saja. Apalagi kalau pidato tersebut dilakukan dalam bahasa Inggris.

Oleh karena itu penting untuk membekali diri dengan segala referensi teks pidato.  Mengutip berbagai sumber, berikut contoh pidato bahasa Inggris.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement