Persiapan Mudik, Jasa Marga Dukung Uji Coba Ganjil-Genap di Jalan Tol

Gabriel Wahyu Titiyoga
24 April 2022, 22:46
Calon penumpang kereta api tiba di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal untuk menghindari serta mengurai kepadatan pada puncak arus mudik Lebaran 2022.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Calon penumpang kereta api tiba di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebih awal untuk menghindari serta mengurai kepadatan pada puncak arus mudik Lebaran 2022.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mendukung uji coba penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol demi keamanan dan kelancaran masyarakat yang akan mudik. Percobaan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem ganjil-genap itu akan diberlakukan di beberapa ruas jalan tol selama tiga hari mulai Senin (25/4).

Uji coba rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi arus mudik kendaraan itu merupakan kolaborasi Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Badan Usaha Jalan Tol.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan jadwal dan lokasi uji coba rekayasa lalu lintas telah ditentukan oleh kepolisian. Apabila terjadi kepadatan lalu lintas, maka kepolisian akan menerapkan rekayasa tambahan dengan membuka arus lalu lintas di lajur arah berlawanan (contraflow).

Selain itu, menurut Heru, jika kepadatan melebihi batas maksimal, maka akan ada penerapan rekayasa lalu lintas satu arah (one way). "Jasa Marga siap mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dengan menyiagakan petugas, perambuan dan menyampaikan informasi melalui Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman,” ujar Heru dalam keterangan tertulis, Minggu (24/4).

Berikut jadwal dan lokasi uji coba ganjil-genap di jalan tol:

  • Senin, 25 April 2022, pukul 11.00-13.00 WIB, dari jalan tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Cikampek Utama KM 70
  • Selasa, 26 April 2022, pukul 11.00-13.00 WIB
    dari jalan tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Palimanan Utama jalan tol Cipali KM 188
  • Rabu, 27 April 2022, pukul 10.00-17.00 WIB, dari jalan tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) sampai dengan GT Kalikangkung KM 414

Heru menyampaikan permohonan maaf jika masyarakat merasa tidak nyaman akibat penerapan rekayasa lalu lintas tersebut. Dia pun mengimbau masyarakat dapat mematuhi peraturan dan arahan petugas di lapangan. "Sebagai alternatif selama pelaksanaan ganjil genap, masyarakat dapat menggunakan jalan nasional atau keluar gerbang tol terdekat sebelum lokasi pemberlakuan ganjil genap," kata Heru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...