Militer Ukraina Lantunkan Selawat Nabi untuk Festival Idul Fitri

Gabriel Wahyu Titiyoga
3 Mei 2022, 18:27
Alexander Ermochenko Konvoi bus membawa warga sipil Mariupol, termasuk pengungsi dari pabrik baja Azovstal, berkendara menuju Zaporizhzhia, ditengah konflik Rusia-Ukraina di wilayah Donetsk, Ukraina, Senin (2/5/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexander Ermochenko/WSJ/dj
Alexander Ermochenko Konvoi bus membawa warga sipil Mariupol, termasuk pengungsi dari pabrik baja Azovstal, berkendara menuju Zaporizhzhia, ditengah konflik Rusia-Ukraina di wilayah Donetsk, Ukraina, Senin (2/5/2022).

Paduan suara militer Ukraina menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada seluruh warga muslim di negara itu dan di seluruh dunia. Selain ucapan selamat Lebaran, Kementerian Pertahanan Ukraina juga menyampaikan terima kasih kepada kaum muslim Ukraina yang ikut berjuang mempertahankan integritas wilayah negaranya.

Dalam video yang diunggah Kementerian Pertahanan Ukraina di akun Twitter resminya pada Minggu (1/5), kelompok paduan suara militer yang mengenakan baju dinas hijau itu juga menyanyikan selawat -- lantunan pujian dan doa untuk Nabi Muhammad.

"Para Muslim Ukraina yang tersayang, para aparat pemerintah dan warga sipil lainnya, serta seluruh mitra kami dari negara lain! Angkatan Bersenjata Ukraina mengucapkan selamat untuk Ramadan ini dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas aksi kalian untuk mengembalikan integritas wilayah Ukraina," demikian unggahan Kementerian Pertahanan Ukraina.

Ukraina terus berada dalam tekanan Rusia yang mengerahkan kekuatan militernya dalam invasi masif sejak 24 Februari lalu. Banyak kota di Ukraina yang porak-poranda dihantam misil dan bom tentara Rusia. Lebih dari 2.500 warga Ukraina dilaporkan tewas akibat invasi Rusia. Sementara itu, diperkirakan lebih dari 11 juta penduduk Ukraina terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk mencari tempat yang lebih aman, termasuk ke negara-negara tetangga yang dekat dengan wilayah Uni Eropa.

Kaum muslim Ukraina, dengan populasi sekitar satu persen dari jumlah penduduk Ukraina yang mencapai 43 juta jiwa, juga menjadi korban. Mereka bahkan menjalani ibadah puasa di tengah ancaman perang dan agresi militer Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...