Apeksi Minta Aksi Konkret Seluruh Wali Kota Kurangi Emisi Gas

Gabriel Wahyu Titiyoga
28 Mei 2022, 16:48
Seekor sapi mencari makan di bantaran Sungai Palu yang dijadikan tempat pembuangan sampah di Kelurahan Tatura Selatan, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (27/5/2022). Perilaku membuang sampah di sembarang tempat membuat Pemerintah Kota Palu harus berkeja keras
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/tom.
Seekor sapi mencari makan di bantaran Sungai Palu yang dijadikan tempat pembuangan sampah di Kelurahan Tatura Selatan, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (27/5/2022).

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya, mendorong seluruh wali kota untuk memperkuat kebijakan yang mendukung lingkungan di wilayahnya. Mereka juga harus memiliki target yang jelas tentang komitmen pengurangan emisi gas yang berasal dari kegiatan mobilitas penduduk.

Bima menekankan kebijakan lingkungan itu harus memiliki rencana aksi yang konkret. "Harus ada komitmen pengurangan gas emisi targetnya berapa di tingkat pemerintah kota, target mereduksi sampah plastik itu juga harus jelas," kata Wali Kota Bogor itu saat ditemui di acara ulang tahun ke-22 Apeksi di Bandar Lampung, Jumat (27/5) malam.

Bima mencontohkan kebijakan pelarangan penggunaan kantong plastik di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bogor. Pemerintah Kota Bogor juga bekerja sama dengan organisasi nonpemerintah internasional, World Wide Fund for Nature(WWF), untuk tata kelola sampah dari hulu.

Kerja sama itu dilanjutkan dengan deklarasi Kota Bogor sebagai kota pintar dalam penggunaan plastik dan pengelolaan limbah plastik lewat program Plastic Smart Cities. "Bogor kota pertama di Indonesia. Hal ini butuh komitmen dari para Pemerintah Kota yang jelas. Apeksi mendorong para wali kota untuk hal tersebut," kata Bima.

Pemerintah Kota Bogor bersama dengan WWF Indonesia, WWF Norwegia, dan Satgas Ciliwung akan membangun Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) di Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas itu dilakukan pada Rabu (25/5) lalu. Pembangunan TPS 3R itu diperkirakan berlangsung selama enam bulan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...