Grup Musik Militer Inggris Kunjungi Pesantren Darunnajah Jakarta

Gabriel Wahyu Titiyoga
28 Mei 2022, 20:17
Tampilan hitung mundur 7 hari menuju Perayaan Platinum Ratu Elizabeth diperlihatkan di layar di Piccadilly Circus di London, Britania, Jumat (27/5/2022). (John Sibley)
ANTARA FOTO/REUTERS/John Sibley/WSJ/cf
Tampilan hitung mundur 7 hari menuju Perayaan Platinum Ratu Elizabeth diperlihatkan di layar di Piccadilly Circus di London, Britania, Jumat (27/5/2022). (John Sibley)

Memperingati 70 tahun Tahta Ratu Elizabeth II, grup musik militer Angkatan Darat Inggris akan tampil di Pesantren Darunnajah, Jakarta Selatan, pada Senin (30/5). Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, akan mendampingi 10 personel band dari satuan Nottingham Band of the Royal Engineers tersebut.

Duta Besar Jenkins mengatakan tahun ini menandai 70 tahun pengabdian Yang Mulia Ratu Elizabeth II kepada masyarakat Inggris Raya, Kerajaan, dan Persemakmuran. "Ini benar-benar kesempatan yang menarik bagi Inggris untuk merayakan kemitraan besar kami dengan Indonesia, termasuk dengan para pelajar Darunnajah," kata Jenkins dalam keterangan resmi dari Kedutaan Inggris, Sabtu (28/5).

Selain bermain musik untuk menghibur sekitar 500 murid Pesantren Darunnajah, para personel band militer itu juga akan meramaikan perayaan Pesta Ulang tahun Ratu Inggris di Jakarta pada 31 Mei. Sejumlah lagu yang akan dimainkan antara lain lagu kebangsaan masing-masing negara, yaitu Indonesia Raya dan God Save the Queen, Mr. Jums, Havana, dan Hall of the Mountain King. 

Grup musik militer Nottinghamshire adalah bagian dari tradisi di Inggris sejak 1557. Saat ini mereka memiliki lima grup Divisi Rumah Tangga yang melayani Keluarga Kerajaan, delapan grup musik regional, dan 20 band Cadangan Militer.

Menurut Jenkins, pesantren Darunnajah berhasil mendidik kaum muda Muslim Indonesia. Dia berharap para santri mendapatkan pengalaman mengesankan dengan menyaksikan penampilan 10 pemain band militer Inggris tersebut. "Kami berharap beberapa murid terinspirasi untuk belajar alat musik dan mereka merasa terhibur," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...