Tampil di BNI Java Jazz Festival 2022, Afgan Rayakan Ulang Tahunnya

Andi M. Arief
28 Mei 2022, 22:14
Penyanyi Indonesia Afgansyah Reza atau Afgan tampil pada konser Inspirasi Afgan 2019 di HGH Convention Centre, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (5/10/2019). Afgan menyanyikan sejumlah lagu andalannya diantaranya "Jodoh Pasti Bertemu", "Terima Kasih Cinta
ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/wsj.. KONSER AFGAN DI KUALA LUMPUR
Penyanyi Indonesia Afgansyah Reza atau Afgan tampil pada konser Inspirasi Afgan 2019 di HGH Convention Centre, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (5/10/2019). Afgan menyanyikan sejumlah lagu andalannya diantaranya "Jodoh Pasti Bertemu", "Terima Kasih Cinta", 'Knock Me Out', "Pesan Cinta" serta 10 lagu lainnya..

Penyanyi Afgansyah Reza atau Afgan tampil dengan megah di BNI Hall pada Sabtu (28/5) malam. Para fan Afgan, biasa dikenal dengan Afganisme, seketika riuh menyambut kedatangan penyanyi idolanya. Di ajang BNI Java Jaz Festival 2022 itu pula Afgan merayakan ulang tahun ke-33 bersama para penonton. 

Penyanyi kelahiran Jakarta 27 Mei 1989 itu tampil membawakan 10 lagu pilihannya. Afgan membuka penampilannya dengan lagu bertajuk "Say I'm Sorry" yang dirilis pada 2021. Seusai lagu tersebut, Afganisme serentak menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada Afgan tanpa komando. 

"Happy bhirtday to me. Ada yang (memiliki rasi bintang) Gemini di sini?" kata Afgan kepada para penonton di BNI Hall, Sabtu (28/5). 

Afgan mengatakan BNI Java Jazz Festival 2022 merupakan festival pertamanya setelah pandemi Covid-19 menyerang. Lagu-lagu yang dibawakan Afgan adalah campuran dari album terbarunya dan karangannya sejak 2010. Pada 2021 dia merilis album keenamnya berjudul Wallflower. 

Lagu kedua yang dibawakan Afgan adalah "Knock Me Out" yang menjadi bagian album Wallflower. Afgan menyebut Wallflower dibuat selama pandemi Covid-19. "Di tengah pandemi ingin tetap berkarya, nggak mau stuck di rumah. Albumnya full bahasa Inggris, ini pertama kali di karier saya keluar dari zona nyaman," kata Afgan. 

Afgan menjelaskan lagu-lagu dalam album Wallflower memiliki genre RnB. Afgan mengaku album ini diproduksi tanpa memikirkan reaksi pasar terhadap karyanya. 

Setiap usai menyanyikan lagu, Afgan menyempatkan berkomunikasi dengan Afganisme. Setelah "Knock Me Out", Afgan membawakan "Bawalah", "M.I.A.", dan "Alone With You". 

Lagu M.I.A menjadi salah satu karya yang berkesan bagi Afgan karena dia berkolaborasi dengan penyanyi asal Korea Selatan, Jackson Wang. Afgan mengaku menyukai karya-karya besutan Jackson. 

Afgan bertemu dengan Jackson setelah mengadakan pertunjukan di Korea Selatan. Keduanya berjumpa di belakang panggung, menjalin relasi hingga akhirnya membuat lagu "M.I.A".  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...