Persiapan Operasi Kereta Api di Sulawesi, KAI Kolaborasi dengan Unhas

Gabriel Wahyu Titiyoga
4 Juni 2022, 15:14
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan.
Humas Kemenhub
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan.

PT Kereta Api Indonesia akan bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin untuk melakukan kajian dan evaluasi terkait persiapan operasional jalur kereta api baru di Sulawesi Selatan. Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dan Rektor Universitas Hasanuddin, Jamaluddin Jompa, menandatangani nota kesepahaman tentang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin pada Jumat (3/6). 

Menurut Didiek, kolaborasi dengan Universitas Hasanuddin sangat penting. Kampus itu merupakan stakeholder perkeretaapian di bidang akademika yang dibutuhkan KAI untuk membangun ekosistem baru serta perubahan budaya masyarakat dalam bertransportasi. 

“Sehubungan dengan rencana pengoperasian KA tersebut, KAI segera bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin untuk melakukan kajian atau studi dan seluruh evaluasi yang diperlukan untuk memastikan kereta api ini dapat beroperasi secara sustainable di Makassar baik dari segi angkutan penumpang maupun barang,” kata Didiek dalam keterangan resmi, Sabtu (4/6). 

Didiek berharap studi atau kajian bersama Universitas Hasanuddin ini dapat segera dieksekusi. Dengan demikian, tim dapat fokus melaksanakan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam menyiapkan operasional jalur kereta api baru di Sulawesi Selatan. 

Transportasi kereta api di Sulawesi Selatan sudah ada sejak 1923. Rute kereta api Pasarbutung-Takalar sepanjang 47 kilometer itu dijalankan oleh operator KA Hindia Belanda, Staatstramwegen op Celebes (STC). Namun, operasional jalur kereta itu dihentikan pada 1930 menyusul krisis ekonomi yang melanda dunia. 

Tahun ini pemerintah berencana mengoperasikan kembali jalur kereta api Makassar-Parepare Tahap I. Konstruksi jalur kereta api sepanjang 71 kilometer yang menghubungkan Kabupaten Marros dan Kabupaten Barru tengah dibangun. Proyek Jalur KA Makassar-Parepare tersebut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...