Survei SMRC: 20 Juta Warga Ingin Mudik Lebaran Meski Terjadi Pandemi

Rizky Alika
17 April 2020, 11:40
mudik lebaran, survei, pandemi corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi mudik. Survei SMRC menunjukkan keinginan masyarakat untuk mudik lebaran mendatang masih kuat.

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mensurvei sikap masayarakat terhadap kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi corona di Tanah Air, salah satunya terkait larangan dan imbauan untuk tidak mudik pada lebaran mendatang.

Namun survei SMRC menunjukkan Secara nasional, persentase warga yang ingin mudik mencapai 11% atau setara dengan 20 juta warga dewasa. Persentase penduduk yang paling banyak ingin mudik berada di Jakarta yakni mencapai 31%.

"Mereka yang ingin mudik ini termasuk juga kalangan yang berpendidikan tinggi dan berpenghasilan tinggi," demikian tulis hasil survei tersebut seperti dikutip Katadata.co.id pada Jumat (17/4).

Selain itu, 12% penduduk di Jawa Timur mengatakan ingin mudik. Kemudian, penduduk di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten masing-masing sebesar 10%. Selanjutnya, 6% penduduk di Sulawesi Selatan mengatakan ingin mudik.

(Baca: SMRC: 77% Masyarakat Nilai Penghasilannya Terancam Sejak Wabah Corona)

SMRC pun menilai, masih diperlukan edukasi dan penataan yang lebih tegas terhadap kegiatan mudik, terutama dari Jakarta. Hal ini mengingat masih tingginya minat para perantau untuk mudik.

Adapun survei ini dilakukan secara nasional pada 9-12 April 2020 terhadap 1.200 responden di 34 provinsi. Responden dipilih secara acak dan  diwawancarai melalui telepon, dengan margin of error 2,9%.

Metode survei telepon dianggap bisa diandalkan untuk mencerminkan fakta di lapangan. Hal ini tercermin dalam pengalaman survei telepon menjelang Pilpres 2019 yang hasilnya mendekati dengan real count dari KPU.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...