Ekspektasi OPEC+ Pangkas Produksi, Harga Minyak Naik Dua Hari Berturut

Image title
8 April 2020, 09:26
harga minyak mentah, pandemi corona
skkmigas.go.id
Penambangan minyak mentah. Harga minyak naik untuk dua hari berturut-turut di tengah pasar yang berharap Arab Saudi, Rusia, dan AS dapat memangkas produksinya untuk menopang harga.

Harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan pada perdagangan Rabu (8/4) pagi waktu Indonesia. Adapun kenaikan pada dua hari terakhir ini telah membalikkan sebagian besar koreksi harga minyak yang terjadi pada beberapa sesi sebelumnya.

Kenaikan harga minyak dipicu harapan investor pada  pertemuan anggota OPEC + yang akan digelar besok, Kamis (9/4), akan dapat menghasilkan kesepakatan pemangkasan produksi. Pemangkasan produksi diperlukan untuk menopang harga minyak yang telah jatuh dari level US$ 60 per barel sejak awal tahun ini selama pandemi global virus corona.

Advertisement

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 08.00 WIB Rabu, harga minyak Brent untuk kontrak Juni 2020 naik 2,45% menjadi US$ 32,65 per barel. Sedangkan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Mei 2020 naik 5,71% menjadi US$ 24,98 per barel.

Pertemuan besok diharapkan dapat berakhir lebih baik dibandingkan pertemuan pada awal Maret 2020 yang berakhir dengan kegagalan untuk memperpanjang waktu pemangkasan produksi dan menyebabkan perang harga antara Arab Saudi-Rusia di tengah permintaan minyak yang menurun.

(Baca: Pertamina EP Pangkas Produksi jika Harga Minyak Indonesia Capai US$ 30)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement